HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN PKn DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Korelasional Kelas X di SMA Negeri 93 Jakarta Timur)

DIAN APSARI, . (2011) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN PKn DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Korelasional Kelas X di SMA Negeri 93 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File 3.pdf

Download (25kB)
[img] Text
File 4.pdf

Download (37kB)
[img] Text
File 5.pdf

Download (165kB)
[img] Text
File 2.pdf

Download (98kB)
[img] Text
File 6.pdf

Download (91kB)
[img] Text
File 7.pdf

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai hubungan antara persepsi tentang pembelajarn PKn dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakuka pada bulan Maret sampai Mei 2011. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan analisis studi korelasional. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling, jumlah sampel sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini keduanya dengan menggunakan angket skala likert. Instrumen di uji cobakan terlebih dahulu kepada 20 orang responden untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen tersebut. Kedua variabel dihitung validitasnya dengan menggunakan rumus Pearson. Reliabilitas variabel X dan Y digunakan rumus r11 = 0,858 utuk X dan r11 = 0,803 untuk Y. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah mencari persamaan regresi yang kemudian di dapat Ŷ= 29,39 + 0,66X selanjutnya uji kenormalan menggunakan rumus liliefors dan diperoleh Lhitung = 0,065 (X) dan Lhitung = 0,116 (Y) dengan Ltabel = 0,161 dan Ltabel pada taraf signifikan 0,05, maka Lhitung X dan Y > Ltabel. Hal ini menyatakan variabael X dan Y berdistribusi normal. Penelitia selanjutnya melakukan uji hipotesis, untuk keberartian regresi diperoleh Fhitung (22,76) > Ftabel (3,87). Ini menunjukkan bahwa regresi berarti. Sedangkan uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (0,94) < Ftabel(3,91), tabel ini menunjukkan bahwa model regresi linier. Uji koefisien product moment menghasilkan rxy 2 sebesar 0,731 kemudian dilanjutkan dengan uji-t signifikansi koefisien korelasi dengan uji-t. Hasil yang diperoleh th = 3,86, sedangkan Ttabel pada dk = (n-2) = 30-2 = 28, taraf signifikannya 0,05 adalah 1,70 dengan berarti thitung > ttabel. Dari perhitungan ini dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara persepsi tentang pembelajaran PKn dengan motivasi belajar siswa kelas X di SMA Negei 93 Jakarta Timur. Untuk uji koefisien determinasi menghasilkan KD = 53,4%. Ini menunjukkan bahwa persepsi tentang pembelajaran PKn menentukan motivasi belajar sebesar 53,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. M. Maiwan, M.Si. ; 2). Dwi Afrimetty Timoera, S.H.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Politik > Ilmu Politik (umum)
Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 00:36
Last Modified: 30 Aug 2022 00:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33702

Actions (login required)

View Item View Item