Hubungan Pemahaman Materi Keterbukaan dan Keadilan Dengan Perilaku Asertif Siswa. (Studi Korelasional di SMA Negeri 64 Cipayung Jakarta Timur)

ADAM HILAL, . (2011) Hubungan Pemahaman Materi Keterbukaan dan Keadilan Dengan Perilaku Asertif Siswa. (Studi Korelasional di SMA Negeri 64 Cipayung Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (495kB)
[img] Text
abstrak dan lembar pengesahan _3_.pdf

Download (212kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (419kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan antara pemahaman keterbukaan dan keadilan dengan perilaku asertif siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan November sampai Desember 2011. Metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan sampel yaitu mengunakan teknik random sampling, dengan sampel ditetapkan secara purposive (tertentu). Jumlah sampel sebanyak 40 siswa di SMA Negeri 64 Cipayung Jakarta Timur. Penelitian uji coba dilakukan untuk mendapatkan validitas instrumen. Penelitian diuji cobakan kepada 35 orang siswa dari data X sebesar 30 butir pertanyaan dan dari perhitungan validitas instrumen 23 butir pertanyaan dinyatakan valid sedangkan 7 butir pertanyaan dinyatakan (drop). Uji coba instrumen menggunakan validitas dengan rumus r product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Crombach. Hasil uji coba diperoleh reliabilitas = 0,938 sedangkan r tabel = 0,344 dan dapat disimpulkan instrumen tersebut valid dan reliabel untuk digunakan sebagai instrumen final dalam penelitian. Uji lilliefors untuk mengetahui variabel pemahaman materi keterbukaan dan keadilan (X) berdistribusi normal, dari hasil perhitungan didapat nilai Lhitung terbesar 0,137 sedangkan Ltabel 0,140 dan variabel perilaku asertif didapat nilai Lhitung 0,072 sedangkan Ltabel 0,140 (α = 0.05 dan n = 40). Persamaan model regresi linier sederhana menghasilkan bentuk regresi Ŷ = 55,88 + 1,150X. Penghitungan uji pesyaratan analisis menghasilkan kesimpulan bahwa regresi tersebut berdistribusi normal. Uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung sebesar 14,33 dan Ftabel sebesar 4,10 (Fhitung > Ftabel). Sedangkan uji kelinieran ii regresi menghasilkan Fhitung sebesar 0,89 dan Ftabel sebesar 2,18 (Fhitung < Ftabel). Ini menunjukan bahwa model regresi adalah linier. Perhitungan Pada taraf signifikansi 0,05 dengan n = 40 rtabel sebesar 0.312, melalui proses perhitungan diperoleh rhitung sebesar 0,523. Ini berarti rhitung lebih besar dari rtabel (0,523 > 0.312). Uji t untuk mengetahui tingkat keberartian hubungan antara kedua variabel, dari hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 3,79. Jika dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan dk 38 maka diperoleh ttabel 1,68, dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel (3,79 > 1,68) dan menolak H0. Uji koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa besar variasi variabel Y yang ditentukan oleh variabel X, dari hasil perhitungan rxy² = 0,523² x 100% dari proses perhitungan diperoleh koefisien determinasi 27,39%. Ini menunjukan bahwa variasi variabel Y ditentukan oleh variabel X sebesar 27,39%. Dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan positif antara pemahaman materi keterbukaan dan keadilan dengan perilaku asertif siswa, dan kontribusi pemahaman materi keterbukaan dan keadilan terhadap perilaku asertif siswa sebesar 27,39%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muhamad Japar, M.Si; 2). Yasnita Yasin, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 06:36
Last Modified: 29 Aug 2022 06:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33707

Actions (login required)

View Item View Item