MASALAH REMAJA PRANCIS PADA AWAL ABAD KE-XX DALAM ROMAN LES ENFANTS TERRIBLES KARYA JEAN COCTEAU

SARAI OCTOVIA WULANDARI, . (2013) MASALAH REMAJA PRANCIS PADA AWAL ABAD KE-XX DALAM ROMAN LES ENFANTS TERRIBLES KARYA JEAN COCTEAU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Sarai Octovia Wulandari (2315081508).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah yang terjadi pada remaja Prancis pada awal abad ke-20 dalam roman Les Enfants Terribles karya Jean Cocteau. Metodologi penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis struktural dan sosiologi sastra. Data yang diperoleh dari roman Les Enfants Terribles adalah sebanyak 4 masalah yang terjadi pada remaja Prancis. Teks dalam roman dikaji dengan menggunakan analisis struktural yang dikemukakan oleh Endraswara, dengan menganalisis alur, latar, dan penokohan. Analisis struktural digunakan untuk mencari unsur intrinsik dalam roman. Kemudian, teks tersebut diklasifikasikan dengan menggunakan teori remaja khususnya teori masalah-masalah yang terjadi pada remaja. Selanjutnya, menjelaskan unsur sosiologis atau unsur ekstrinsik dari roman dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra berdasarkan teori sosiologi sastra dari Endraswara. Analisis ini memberikan penjelasan mengenai unsur-unsur kemasyarakatan yang terkandung dalam karya sastra yang berkaitan dengan aspek sosiologis, psikologis, sejarah, dan biografi pengarang. Penelitian ini menghasilkan data bahwa terdapat 4 jenis masalah remaja dalam roman Les Enfants Terribles. Yang pertama adalah masalah kekerasan atau penyerangan, kedua adalah masalah mencuri, ketiga adalah penggunaan obat-obatan terlarang, dan yang keempat adalah masalah bunuh diri. Hasil ini menunjukan bahwa dalam roman Les Enfants Terribles, para tokoh atau yang disebut remaja Prancis mengalami dan memiliki masalah-masalah remaja. Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah agar dapat menambah dan memperdalam wawasan mahasiswa Jurusan Bahasa Prancis mengenai masyarakat Prancis dan dinamika kehidupannya, khususnya kehidupan para remaja Prancis pada awal abad ke-20. Penelitian ini juga diharapkan dapat merangsang dan memotivasi mahasiswa untuk mengetahui lebih jauh mengenai karya sastra, khususnya karya sastra pada abad ke�20

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Dian Savitri, M.Pd. ; 2). Rupiyatun, S.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 01:28
Last Modified: 30 Aug 2022 01:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33734

Actions (login required)

View Item View Item