PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PIJAR SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIK (Studi Kuantitatif pada SMP Negeri 2 Jakarta)

NURUL INDAH FITRIANA, . (2022) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PIJAR SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIK (Studi Kuantitatif pada SMP Negeri 2 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan aplikasi Pijar Sekolah terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn. Metode ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 76 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Jakarta yang terdiri dari 38 peserta didik kelas kontrol dan 38 peserta didik kelas eksperimen. Teknik pengambilan data berupa tes dengan bentuk soal pilihan ganda. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari uji normalitas kelas kontrol diperoleh nilai signifikan 0,004 < 0,05 dan kelas eksperimen diperoleh nilai signifikan 0,001 < 0,05. Dengan demikian dinyatakan data tersebut tidak berdistribusi normal. Kemudian uji homogenitas pada data pre-test diperoleh Sig. 0,015 > 0,05 dan data post-test diperoleh Sig. 0,659 > 0,05, maka dinyatakan data dua kelompok tersebut memiliki varians homogen. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji wilcoxon didapatkan hasil pengujian pada kelas kontrol diperoleh sebesar 0,071 > 0,05 dan kelas eksperimen yaitu 0,000 < 0,05, dengan taraf signifikansi 0,05. Dari perhitungan tersebut dapat dinyatakan pada kelas eksperimen Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan aplikasi Pijar Sekolah terhadap hasil belajar PPKn peserta didik di SMP Negeri 2 Jakarta. ***** This study aims to determine how much influence using of Pijar Sekolah application towards on student learning outcomes in PPKn learning. This method uses quantitative research methods. The sampling technique used the cluster sampling technique with a total sample of 76 students of class VIII in SMP Negeri 2 Jakarta consisting of 38 students of the control class and 38 students of the experimental class. The data collection technique is using the form of multiple choice questions. Test requirements analysis was done by using the normality test and homogeneity test. The results of the normality test for the control class were obtained whit a significant value of 0.004 < 0.05 and the experimental class gained a significant value of 0.001 < 0.05. Thus, it is stated that the data is not normally distributed. Then the homogeneity test on the pre-test data obtained Sig. 0.015 > 0.05 and post-test data reached Sig. 0.659 > 0.05, it is stated that the data of the two groups has a homogeneous variance. Based on the results of hypothesis testing using the Wilcoxon test, the test results in the control class were obtained at 0.071 > 0.05 and the experimental class was 0.000 < 0.05, with a significance level of 0.05. From these calculations, it can be stated that in the experimental class Ha is accepted and Ho is rejected. In conclusion of the study, it can be concluded that there is an influence between the use of Pijar Sekolah application on the Civics learning outcomes of students at SMP Negeri 2 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Etin Solihatin, M.Pd 2). Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 15381 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:23
Last Modified: 30 Aug 2022 03:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33762

Actions (login required)

View Item View Item