MUTIARA NOVREZIANOOR FATIMAH, . (2020) FUNGSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA (BKN)DALAM KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK MELALUI AKUN RESMI INSTAGRAM @bkngoidoffcial. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
daftar isi terbaru.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. BAB 1.pdf Download (143kB) |
|
Text
3. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
|
Text
4.BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 5.pdf Download (18kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penggunaan internet untuk menunjang kegiatan kehumasan yang dilakukan oleh Biro Humas Kepagawaian Negara (BKN) salah satunya melalui media sosial Instagram BKN. Sebagai komunikator publik, fungsi humas pemerintah harus mensosialisasikan menyebarkan kebijakan instansinya, memberikan pelayanan, menyebarluaskan pesan atau informasi di media sosial Instagram serta mengedukasi masyarakat mengenai kebijakan. Namun apakah Humas juga bertindak sebagai mediator yang proaktif dalam menberikan dan menjembatani kepentingan instansi pemerintah dan menampung aspirasi saran yang diberikan publiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan media sosial Instagram sebagai media penyampaian informasi publik oleh Humas BKN. Penelitian ini menggunakan teori Amy Reitz (2012) dalam ”Social Media's Function Organizations: A Functional Analysis Approach” mengemukakan empat fungsi social berdasarkan :mempertahankan identitas organisasi, kesempatan dalam membangun hubungan, kemampuan untuk mengontrol manajemen isu, dan kesempatan untuk mempromosikan CSR Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui proses wawancara kepada 2 informan dan dokumentasi dari media sosial Instagram BKN dan peraturan pemerintah. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyaji data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan telah melakukan organisasi fungsi media sosial dalam pendekatan fungsional yang baik kepada masyarakat dan followers media sosial BKN membangun kepercayaan publik melalui jalur komunikasi dapat dilakukan dengan dua hal yaitu dengan menunjukan hasil kerja nyata dan menyusun strategi komunikasi efektif dengan publiknya Berdasarkan hasil penelitian tersebut media sosial Instagram BKN perlu menanggapi tentang pendapat baik kritik dan saran oleh followers terhadap pelaksana pembangunan dan pengambil kebijakan dan pendayagunaan aparatur negara. Begitu juga peran masyarakat maupun followers sebagai objek yang menikmati pelaksanaan pembangunan dan pelaksaan kebijakan. Kata kunci : Social Media's Function Organizations: A Functional Analysis Approach , Humas Pemerintah, keterbukaan Informasi publik. ABSTRACT The use of the internet to support public relations activies is carried out by Public Relations of Badan Kepegawaian Negara, one of which is through BKN Instagram social media. As a public communicator, the public relations function of the government must disseminate the spread of institutional policies, provide services, disseminate messages or information on Instagram social media and educate the public about the policy. given by the public. This study aims to determine the management of Instagram social media as a medium for the delivery of public information by BKN Public Relations. This study uses the theory of Amy Reitz (2012) in "Social Media Function Organizations: Functional Analysis Approach” suggests four social functions based on: maintaining organizational identity, opportunities in building relationships, the ability to control issue management, and opportunities to promote CSR This research uses descriptive research method with a qualitative approach. Data collection techniques through the interview process to 2 informants and documentation from social media Instagram BKN and government regulations. Data analysis techniques using data reduction, data presenters, and drawing conclusions. The results showed that the organization of social media functions in a good functional approach to the community and social media followers of BKN to build public trust through communication can be done with two things, namely by showing tangible work and developing effective communication strategies with the public. Based on the results of the research Instagram social media BKN needs to create content about the opinions of both critics and suggestions by followers of the implementers of development and policy makers and the utilization of the state apparatus. Likewise the role of the community and followers as objects who enjoy the implementation of development and implementation of policies. Keywords: Social Media's Function Organizations: A Functional Analysis Approach, Government Public Relations, Public Information Openness.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1). Wasono Adi S.Sos. M.Pc. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Transportasi |
Divisions: | FIS > D III Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Users 256 not found. |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 16:09 |
Last Modified: | 29 Feb 2020 17:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3377 |
Actions (login required)
View Item |