EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL CETAK “KEBUTUHAN” UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

ANDRI SAPUTRA, . (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL CETAK “KEBUTUHAN” UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Penggunaan Modul Cetak “Kebutuhan” untuk Peserta Didik Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA)” memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas modul cetak pada mata pelajaran ekonomi materi kebutuhan kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu pre test (hasil belajar awal peserta didik), treatment (perlakuan), dan post test (hasil belajar akhir peserta didik). Adapun nilai yang diperoleh pada penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Pada tahap awal pre test, sebelum peserta didik diberikan modul pembelajaran cetak mata pelajaran ekonomi materi kebutuhan dengan rata-rata nilai peserta didik kelas X SMA sebesar 68,05 dengan tingkat keberhasilan belajar peserta didk sebesar 35% dengan kategori kurang baik yang berada pada interval 21 – 40%. 2. Pada tahap treatment (perlakuan) ini memberikan modul pembelajaran cetak mata pelajaran ekonomi materi kebutuhan kepada peserta didik kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA). 3. Pada tahap akhir post test, sesudah peserta didik mempelajari atau menggunakan modul pembelajaran cetak mata pelajaran ekonomi materi kebutuhan dengan rata-rata nilai peserta didik kelas X SMA sebesar 79,75 dengan tingkat keberhasilan belajar peserta didk sebesar 80% dengan kategori baik yang berada pada interval 61 – 80%. Adapun selisih peningkatan dari rata-rata nilai peserta didik yang terjadi antara pre test dan post test sebesar 11,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul pembelajaran cetak mata pelajaran ekonomi materi kebutuhan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. ***** This study entitled "The Effectiveness of Using the Print Module "Needs" for Class X Senior High School (SMA) Students" has the aim of knowing the effectiveness of the print module in economics subjects for the needs of class X High School (SMA) as an effort to improve learning outcomes. learners. The method used in this study is a quasi-experimental research method (quasi-experimental) which consists of three stages, namely pre-test (students' initial learning outcomes), treatment (treatment), and post-test (students' final learning outcomes). The values obtained in this study are as follows: 1. In the early stages of the pre-test, before students are given a printed learning module for economic subjects, the material needs of the students in class X SMA is 68.05 with a student learning success rate. students by 35% in the unfavorable category which is in the interval of 21 – 40%. 2. At this stage of treatment, students provide printed learning modules for economic subjects with material needs for class X Senior High School (SMA) students. 3. In the final stage of the post-test, after students study or use the printed learning module for economics, the material needs with an average grade X SMA student score of 79.75 with a student learning success rate of 80% with a good category being at intervals of 61 – 80%. The difference in the increase in the average value of students that occurs between the pre test and post test is 11.7. Thus, it can be concluded that the use of printed learning modules for economics subjects is effective in improving student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suprayekti,M.Pd ; 2). Drs. Zuhdy Hasibuan,M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 15374 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 01:28
Last Modified: 17 Jan 2024 06:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33823

Actions (login required)

View Item View Item