PERAN GURU DALAM SOSIALISASI NILAI DAN NORMA SOSIAL, (Studi Kasus di SMA Negeri 107 Jakarta Timur)

ESTER OKTAVIANI, . (2011) PERAN GURU DALAM SOSIALISASI NILAI DAN NORMA SOSIAL, (Studi Kasus di SMA Negeri 107 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
REVISI BAB 2 ABIZ SHP.pdf

Download (428kB)
[img] Text
REVISI BAB V ABIZ SHP.pdf

Download (171kB)
[img] Text
REVISI BAB 3 ABIZz SHP.pdf

Download (897kB)
[img] Text
abstrak dan semuanya abiz SHP.pdf

Download (428kB)
[img] Text
LAMPIRAN PRINT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
RIVISI BAB 1 ABIZ SHP.pdf

Download (380kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[img] Text
REVISI PEMBAHASAN BAB 4 SHP.pdf

Download (354kB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan Peran Guru dalam Sosialisasi Nilai dan Norma Sosial dalam membentuk karakter siswa. Fokus utama dari penelitian ini yaitu Peran Guru dalam Sosialisasi Nilai Norma Sosial di SMA Negeri 107 Jakarta. Penelitian ini menggunakan tiga kerangka konseptual, yaitu Peran guru, Sosialisasi sebagai proses pembelajaran dan nilai dan norma sosial yang diterapkan siswa SMAN 107 Jakarta. Dari ketiga kerangka konseptual tersebut dapat disimpulakan bahwa guru merupakan agen sosialisasi nilai dan norma sosial untuk membentuk karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi. Metode wawancara mendalam digunakan peneliti untuk memperoleh data yang valid dan mendalam tentang realitas yang terjadi di lapangan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang, yang terdiri dari 1 orang Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesisiwaan, 5 orang guru dan 3 orang siswa Berdasarkan dari hasi penelitian yang diperoleh penulis menemukan bahwa peran guru dalam mensosialisasikan nilai dan norma sosial diwujudkan dalam bentuk nyata melalui peraturan atau tata tertib yang berlaku di sekolah. Penerapan peraturan tata tertib yang berlaku di sekolah diwujukan melalui 4 aspek yaitu, Pertama Pembinaan Nilai Disiplin, Kedua Pemberian Sanksi atau Hukuman, Ketiga Pembinaan Keagamaan, Keempat Pembinaan Kegiatan Ekstrakulikuler. Peran guru melalui pembinaan disiplin terlihat kesadaran siswa cukup tinggi dalam kepatuhan dan ketaatan terhadap tata tertib sekolah, peran guru dalam pemberian sanksi atau hukuman guru sudah bersikap tegas serta pemberian sanksi lebih ditekankan pada mendidik siswa, melalui pembinaan keagamaan guru memberikan teladan untuk menghargai perbedaan agama yang ada di sekolah dan yang terakhir melalui pembinaan ekstrakulikuler guru berperan memberikan pembinaan dan dukungan penuh serta memberikan dorongan kepada setiap siswa dalam mengembangkan minat dan bakat mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Eman Surachman, MM ; 2). Dra. Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 05:52
Last Modified: 30 Aug 2022 05:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33863

Actions (login required)

View Item View Item