PENGARUH TERPAAN MEDIA INTERNET TERHADAPPRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DISMA NEGERI 12JAKARTA TIMUR

KRISTINE MEILI YANTI, . (2011) PENGARUH TERPAAN MEDIA INTERNET TERHADAPPRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DISMA NEGERI 12JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
all bab.pdf

Download (454kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran REFISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[img] Text
daftar riwayat hidup skripsi yanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
TABEL VALIDITAS DAN RELIABILITAS jadi!! ACC _Autosaved_ putar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
TABEL VALIDITAS DAN RELIABILITAS diputar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan media internet terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi SMA Negeri 12 Jakarta Timur. Lalu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana kecenderungan pemanfaatan fasilitas internet terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan pada variabel Y ( prestasi belajar) ialah dengan metode ekspost fakto (Ekspost Fakto Research) yakni suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian melihat kebelakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut, sedangkan untuk variabel X (terpaan media internet)menggunakan metode survey. Penggunaan teknik untuk pengambilan sampelnya adalah dengan cara simple random sampling yaknipengambilan data berdasarkan acak sederhanayang dilakukan untuk memperoleh37 siswa dari jumlah populasi (240 siswa). Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa untuk uji validitas mendapatkan 14 soal valid dan 10 soal invalid. Sedangkan untuk hasil Reliabilitas diperoleh 0,70൏ ݎ௧௔௕௘௟ yaitu 0,334 oleh karena itu data dinyatakan reliabel yang berarti instrument penelitian ini dapat digunakan sebagai alat pengumpulan data. Oleh karena data reliabel, maka dilanjutkan untuk mendapatkan hasil uji persyaratan analisis yang dilakukan dengan uji normalitas yakni dengan teknik uji kolmogorov-smirnov. Hipotesisnya ialah H0: Data berasal dari populasi yang berdistribusi normaldan H1: Data tidak berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Untuk akses internet diperoleh hasil bahwa Pvalue = 0,042 lebih kecil dari α = 0,05 sehingga Ho: data berasal dari distribusi normal ditolak dan Hଵditerima. Sedangkan untuk pretasi belajar di peroleh P-value = 0,200lebih besar dari α = 0,05 sehingga Ho: data berasal dari populasi yang terdistribusi normal tidak dapat ditolak.Setelah itu dilakukan Uji Fisher (Uji F) untuk pengujian linearitas dengan ketentuan jika F hitung < F tabel, maka dinyatakan linier dan Jika F hitung > F tabel, maka dinyatakan tidak linier. Hasil uji Fisher mendapatkan nilai F hitung sebesar 0,897 dengan probabilitas 0,350 lebih besar dari 0,05 maka dinyatakan tidak linier. Diperoleh juga hasil koefisien determinasi ialah 0,025 yang berarti hanya 2,5% dari prestasi belajar yang ditentukan oleh terpaan internet. Berdasarkan hasil normalitas terdapat data yang tidak terdistribusi normal maka untuk uji hipotesis menggunakan non parametik dengan rumus Spearman yang menghasilkan koefisien korelasi antara variabel terpaan internet (akses) dengan prestasi belajar sebesar 0,162. Dengan demikian pengaruh terpaan internet terhadap prestasi belajar sangat lemah sehingga hubungan atau pengaruhnya tidak berarti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si. ; 2). Drs. Komarudin, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Sosiologi
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:43
Last Modified: 30 Aug 2022 06:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33878

Actions (login required)

View Item View Item