HUBUNGAN PEMAHAMAN DEMOKRASI DENGAN PARTISIPASI SISWA DI OSIS (STUDI KORELASIONAL di SMA 39 JAKARTA)

ARIF RAMDAN, . (2011) HUBUNGAN PEMAHAMAN DEMOKRASI DENGAN PARTISIPASI SISWA DI OSIS (STUDI KORELASIONAL di SMA 39 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
file 2.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV Arif _Revisi_.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB III _Arif_.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Bab I _Revisi_.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB V Arif.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Bab II baru _Revisi_.pdf

Download (237kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang sah (valid), benar dan dapat dipercaya tentang apakah terdapat hubungan Pemahaman Demokrasi Dengan Partisipasi Siswa di OSIS di SMA 39 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA 39 Jakarta kepada pengurus OSIS tahun ajaran 2011/2012 selama 3 bulan terhitung sejak bulan Oktober 2011–Desember 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengurus OSIS dan MPK di SMA 39 Jakarta berjumlah 30 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara proposional random sampling, yaitu sebanyak 30 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan tes pemahaman demokrasi dan angket untuk partisipasi siswa di OSIS. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk mendapatkan validitas instrumen. Data dalam penelitian sebelumnya telah diujicobakan kepada 30 responden dari data X sebesar 40 butir pertanyaan dan dari perhitungan validitas instrumen 30 butir pertanyaan dinyatakan valid sedangkan 10 butir pertanyaan dinyatakan tidak valid (drop). Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus r product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Crombach. Hasil uji coba diperoleh reliabilitas = 0,897 sedangkan r tabel = 0,361 dan dapat disimpulkan instrumen tersebut dinyatakan valid dan reliabel untuk digunakan sebagai instrumen final dalam penelitian. Uji lilliefors ini mengetahui apakah variabel pemahaman demokrasi (X) berdistribusi normal, hasil perhitungan didapat nilai Lhitung terbesar 0,066 sedangkan Ltabel 0,187 dan variabel partisipasi siswa di OSIS didapat nilai Lhitung 0,081 sedangkan Ltabel 0,187 (α = 0.05 dan n = 30). Persamaan model regresi linier sederhana menghasilkan bentuk regresi Ŷ = 74,62 + 2,143X. Penghitungan uji pesyaratan analisis menghasilkan kesimpulan bahwa regresi tersebut berdistribusi normal. Uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung sebesar 0,79 dan Ftabel sebesar 2,55 (Fhitung > Ftabel). Sedangkan uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung sebesar 0,79 dan Ftabel sebesar 2,55 (Fhitung < Ftabel). Ini menunjukan bahwa model regresi yang dipakai adalah berarti/linier. Hasil pengujian hipotesis menunjukan terdapat hubungan yang positif antara Pemahaman Demokrasi dengan Partisipasi Siswa di OSIS SMAN 39 Jakarta. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan uji hipotesis korelasi Product Moment yang menghasilkan rxy = 0,617. Sedangkan uji keberartian korelasi yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung 4,15. Uji determinasi menghasilkan rxy² sebesar 0,3813 atau 38,13%. Ini menunjukan bahwa variasi variabel Y ditentukan oleh variabel X sebesar 38,13%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hj. Etin Solihatin, M.Pd. ; 2). Dra. Herawati
Subjects: Ilmu Politik > Ilmu Politik (umum)
Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 00:37
Last Modified: 31 Aug 2022 00:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33879

Actions (login required)

View Item View Item