HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN PERILAKU SOSIAL SISWA (Studi Korelasi Pada Siswa SMA Negeri 1 Cibitung) 2011

HARRY CATUR KARYADI, . (2011) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN PERILAKU SOSIAL SISWA (Studi Korelasi Pada Siswa SMA Negeri 1 Cibitung) 2011. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
file 3.pdf

Download (31kB)
[img] Text
file 4.pdf

Download (60kB)
[img] Text
file 5.pdf

Download (240kB)
[img] Text
file 2.pdf

Download (75kB)
[img] Text
file 6.pdf

Download (338kB)
[img] Text
file 7.pdf

Download (9kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris tentang Hubungan Pemahaman Nila-Nilai Pancasila Dengan Perilaku Social Siswa. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20 November sampai 18 Desember 2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik random sampling. Jumlah populasi terjangkau sebanyak 40 orang siswa kelas XII SMA Negeri 1 Cibitung. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah mencari persamaan regresi yang kemudian didapat persamaannya  =95,46 + 1,606X selanjutnya uji kenormalan data dengan menggunakan rumus liliefors dan diperoleh pada variable Y Lhitung terbesar = 0,108 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan jumlah 0.140, maka Lhitung < Ltabel. Kemuadian pada variable X Lhitung terbesar = 0,084 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan jumlah 0.140, maka Lhitung < Ltab. Hal ini berarti galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Penelitian selanjutnya melakukan uji hipotesis, untuk uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (21,63) > Ftabel (4,10). Ini menunjukan bahwa regresi berarti. Sedangkan uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (1,22) < Ftabel (2,42), ini menunjukan bahwa model regresi yang dipakai adalah linier. Uji koefisien product moment menghasilkan rxy 2 sebesar o,62. kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien korelasi dengan menggunakan uji t. hasil perhitungan yang diperoleh adalah thitung = 4,65, sedangkan ttabel pada dk=n2=40-2=38 dan taraf signifikansi adalah 0,05 adalah 1,69. berarti thitung > ttabel. Dari perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara Pemahaman materi nilai-nilai pancasila dalam pembelajaran prndidikan kewarganegaraan dengan perilaku sosial siswa. Untuk Uji koefisien determinasi menghasilkan rxy 2 sebesar (0,602)2 . ini menunjukan 36,27 % variabel Y ditentukan oleh variabel X. kesimpulan yang didapat adalah hubungan positif Pemahaman materi nilai-nilai pancasila dalam pembelajaran prndidikan kewarganegaraan dengan perilaku sosial siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Agus Martono, M.Si. ; 2). Dra. Hj. Herwati
Subjects: Ilmu Politik > Ilmu Politik (umum)
Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:16
Last Modified: 30 Aug 2022 07:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33899

Actions (login required)

View Item View Item