RELASI KETERGANTUNGAN DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi dan Kritik terhadap Program Comdev PT Astra International, Tbk di RW 09 Sungai Bambu, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara)

ACHMAD SALMAN ALFARISI, . (2011) RELASI KETERGANTUNGAN DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi dan Kritik terhadap Program Comdev PT Astra International, Tbk di RW 09 Sungai Bambu, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Lampiran IV Analisis SWOT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SALMAN 2011.pdf

Download (105kB)
[img] Text
SKRIPSI SALMAN 2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebuah penilaian sosiologis tentang makna dibalik kegiatan CSR Astra terhadap masyarakat RW 09 Sungai Bambu. Penilaian ini dilihat dari efektivitas dalam sebuah kegiatan evaluasi terhadap implementasi program pengembangan masyarakat atau community development (khususnya IGA dan Pendidikan) dan dampak-dampak sosialnya. Serta, di dalam penilaian ini ingin memberikan suatu kritikan terhadap program comdev tersebut. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian gabungan (Mixed Methods). Metode penelitian ini memilih dengan cara mengkombinasikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pada kuantitatif ialah ingin mengetahui tingkat ekfektivitas dari program comdev Astra. Sedangkan pada kualitatif ialah ingin menggali lebih dalam mengenai permasalahan yang belum terungkap secara deskriptif. Selain itu, prosedur pengumpulan dan analisis data pada dua pendekatan ini, yakni dengan cara membuat instrumen penelitian dalam bentuk angket dan wawancara mendalam untuk mencari banyaknya informasi dari responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat bentuk-bentuk implementasi program comdev Astra, yaitu program IGA, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Adapun implementasi program comdev yang diprioritaskan Astra bagi masyarakat ialah IGA dan pendidikan. Hasil kegiatan evaluasi untuk program comdev Astra ini diperoleh, yakni pada program IGA baik majun dan komposting ialah tidak berhasil. Sedangkan pada program pendidikan berupa pemberian beasiswa Astra ialah berhasil. Efektivitas terhadap pelaksanaan dua program comdev Astra, ternyata memberikan dampak-dampak sosial yang dirasakan bagi masyarakat, di mana dampak sosial ini lebih cenderung ke arah negatif ketimbang positif. Selain itu, Efektivitas ini memberikan dua refleksi yang berbeda. Pertama, refleksi teoritik, di mana harapan adanya kegiatan CSR Astra sesuai dengan pencapaian MDGs dan komitmen yang dimilikinya. Kedua, refleksi empiris juga sebagai kritikan terhadap hasil implementasi dua program tersebut, yakni menciptakan ketidakberdayaan dan konflik, semakin terbentuknya ketergantungan terhadap perusahaan, dan masih terbentuknya kemiskinan struktural bagi masyarakat. Adanya kritikan ini memberikan solusi alternatif berupa melakukan pembenahan pola-pola strategi pemberdayaan terhadap dua program comdev tersebut dan penekanan partisipasi masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Robertus Robet ; 2). Umar Baihaqki, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:20
Last Modified: 31 Aug 2022 02:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33922

Actions (login required)

View Item View Item