PENGARUH MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CAI MODEL INSTRUCTIONAL GAMES TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PENGETAHUAN TEKSTIL

DIAN MARLIYANA, . (2013) PENGARUH MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CAI MODEL INSTRUCTIONAL GAMES TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PENGETAHUAN TEKSTIL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1-COVER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
3-ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
4-KATA PENGANTAR.pdf

Download (108kB)
[img] Text
7-BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
8-BAB II.pdf

Download (190kB)
[img] Text
9-BAB IIII.pdf

Download (287kB)
[img] Text
10-BAB IV.pdf

Download (137kB)
[img] Text
11-BAB V.pdf

Download (61kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang pengaruh multimedia pembelajaran interaktif CAI (Computer-Assisted Instruction) model Instructional Games terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengetahuan Tekstil. Pelaksanaan penelitian di prodi Tata Busana Universitas Negeri Jakarta pada semester ganjil, tahun akademik 2012-2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimental design dengan pendekatan one-shut case study dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Tata Busana yang sedang mengikuti mata kuliah Pengetahuan Tekstil sejumlah 73 mahasiswa. Uji persyaratan analisis yaitu dengan uji normalitas data menghasilkan taraf signifikan = 0,317 atau ρvalue > α (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t-dependen (paired sample test) menghasilkan nilai thitung yaitu -14,572 dengan nilai ρvalue 0,000. Data hasil uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa ρvalue < α(0,05). Karena ρvalue < α(0,05) maka Ho ditolak yang berarti rata-rata hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan media instructional games lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar mahasiswa sebelum menggunakan media instructional games. Dengan kata lain, terdapat pengaruh positif hasil belajar mahasiswa Tata Busana pada materi serat protein antara pembelajaran sebelum menggunakan media instructional games dengan pembelajaran setelah menggunakan media instructional games. ***** This study aimed to gain knowledge about the influence of CAI multimedia interactive learning Model Instructional Games on learning outcomes of students in Textile Science Subject. Implementation research at dressmaking Studies Program, State University of jakarta on the semester years of academic 2012-2013. The research method used is the pre-experimental design approach to one-shut case study and the sampling technique used is saturated sampling. The population in this study were all students who are following of Textile Science Subject is 73 students. Test requirements analysis is to generate test data normality or significance level = 0.317 ρvalue > α (0.05). This shows that the data were normally distributed. The results of hypothesis testing using dependent t-test (paired sample test) produces tcount -14.572 with ρvalue is 0.000. T-test data it can be concluded that the ρvalue < α (0.05). Because ρvalue < α (0.05) then Ho is rejected which means that the average student results after using instructional games multimedia is higher than the average student results before using instructional games multimedia. In other words, there is a positive influence on learning outcomes of students on protein fibers between learning before using instructional games multimedia and learning games after using instructional games multimedia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Melly Prabawati, M.Pd. ; 2). Esty Nurbaity ‘Arrsy, S.Pd.,M.Km.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:23
Last Modified: 31 Aug 2022 01:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33924

Actions (login required)

View Item View Item