HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN TEKANAN TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU AGRESI REMAJA DI MTS NEGERI 33 JAKARTA

AMALIATUS SHOLEHA, . (2022) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN TEKANAN TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU AGRESI REMAJA DI MTS NEGERI 33 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (995kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan tekanan teman sebaya dengan perilaku agresi remaja di MTs Negeri 33 Jakarta. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan jumlah sampel sebanyak 114 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Hasil uji koefisien korelasi untuk variabel kecerdasan emosional dengan perilaku agresi diperoleh hasil -0,651, sementara hasil uji koefisien korelasi untuk variabel tekanan teman sebaya dengan perilaku agresi diperoleh hasil 0,733. Uji korelasi ganda untuk variabel kecerdasan emosional dan variabel tekanan teman sebaya dengan variabel perilaku agresi remaja menunjukkan hasil yang berhubungan dan signifikan. Kesimpulannya jika semakin tinggi kecerdasan emosional maka akan semakin rendah perilaku agresi, sebaliknya jika semakin rendah kecerdasan emosional maka akan semakin tinggi perilaku agresinya. Sedangkan jika semakin tinggi tekanan teman sebaya maka akan semakin tinggi perilaku agresinya. Kata kunci : kecerdasan emosional, perilaku agresi, remaja, tekanan teman sebaya **** This study aims to determine the relationship between emotional intelligence and peer pressure with adolescent aggression behavior in MTs Negeri 33 Jakarta. The research method uses associative quantitative methods with a total sample of 114 respondents. The sampling technique used in this study was simple random sampling. The results of the correlation coefficient test for emotional intelligence variables with aggression behavior obtained a result of -0.651, while the results of the correlation coefficient test for peer pressure variables with aggression behavior obtained a result of 0.733. The double correlation test for emotional intelligence variables and peer pressure variables with adolescent aggression behavior variables showed related and significant results. The conclusion is that the higher the emotional intelligence, the lower the aggression behavior, on the contrary, if the lower the emotional intelligence, the higher the aggression behavior will be. Meanwhile, if the higher the peer pressure, the higher the aggression behavior will be. Keywords : adolescent, aggression behavior, emotional intelligence, peer pressure

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Shinta Doriza, M.Pd, M.S.E. ; 2). Dr. Hamiyati, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 15393 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:30
Last Modified: 31 Aug 2022 07:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33999

Actions (login required)

View Item View Item