PENGEMBANGAN SISTEM ASESMEN OTENTIK PADA KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI

DEDE YOPI, . (2011) PENGEMBANGAN SISTEM ASESMEN OTENTIK PADA KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAKnew.pdf

Download (15kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Revisi Sidang.pdf

Download (6MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (12kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan sistem penilaian otentik pada praktikum biologi dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan tentang pentingnya format penilaian yang paling tepat untuk menilai kompetensi siswa pada kegiatan praktikum biologi. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sistem dan instrumen penilaian otentik yang dapat digunakan untuk menilai secara tepat kompetensi siswa pada kegiatan praktikum biologi. Penelitian dilakukan di SMAN 89 Jakarta pada bulan Mei sampai bulan November, semester gasal tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development modifikasi model 4-D yang terdiri dari tahapan define, design, develop dan dessimination. Penelitian dilakukan hanya hingga D yang ketiga. Tahap define merupakan tahap pendefinisian kondisi penerapan penilaian praktikum biologi di sekolah dan pengumpulan data analisis kebutuhan dengan teknik wawancara kepada guru biologi. Tahap kedua yaitu design merupakan tahap pembuatan produk sistem penilaian otentik melibatkan dosen pembimbing dan ahli evaluasi. Tahap develop terdiri dari pengembangan akhir produk uji kelayakan oleh tim ahli evaluasi dan uji coba produk melibatkan siswa dan guru. Sampel uji coba produk adalah siswa kelas XI SMAN 89 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan sistem dan instrumen penilaian yang dikembangkan mendapat nilai 88,7 % dari uji kelayakan tim ahli evaluasi, uji coba pada siswa kelompok kecil sebesar 83,15 %, uji pada siswa kelompok besar dengan nilai 76,69 % dan uji coba pada guru mendapat nilai 83,5 %. Persentase rata-rata dari semua uji coba produk tersebut adalah sebesar 83,76%, artinya produk berupa sistem penilaian otentik pada kegiatan praktikum biologi yang dihasilkan masuk dalam kriteria baik dan layak digunakan pada penilaian pada praktikum biologi. ***** The research was conducted based on the need assessment about the importance of that most precise assessment format for assessing students’ competence in the biology practicum activities. This research and development aims to produce a system and instrument of authentic assessment which can accurately assess students’ competence in the biology practicum activities. The study was conducted in SMAN 89 Jakarta on May to November, odd semesters of the 2011/2012 school year. This study used a modification of the Research and Development method 4-D model, consisted of define, design, develop and dissemination. This research was only carried out until at the third D. Implementation procedures in this study consisted of three stages namely define, design and develop. Define is the stage of defining the conditions for the application of biology practicum assessment at school and collecting the data of needs assessment with interview techniques to the biology teacher. The second stage, design, is the stages of constructing the authentic assessment system involving lecturers and evaluation experts. Develop stage consisted of the final product development, feasibility testing by the evaluation expert, and product trials involving students and teachers. The sample of test product was the XI class student of SMAN 89 Jakarta. The results showed that the developed system and instruments of assessment scored 88.7% from the feasibility testing by the expert evaluation team, trial test to the small group of student scored 83,15%, trial test to a large group of students scored 76.69%, and trial test to the teachers scored 83.5%. Average percentage of all product’s trial test amounted to 83.76%, which mean that the product in the form of authentic assessment system on the biology practicum activity was included in the good criteria and fit for use on the assessment of the biology practicum activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Mieke Miarsyah, M.Si ; 2). Dra. Ernawati, M.Si.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Sains > Mikro Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 06:12
Last Modified: 31 Aug 2022 06:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34054

Actions (login required)

View Item View Item