PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA, DAGANG, DAN MANUFAKTUR KELAS XI AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI DI JAKARTA PUSAT

RIDWAN FATHUR RAHMAN, . (2022) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA, DAGANG, DAN MANUFAKTUR KELAS XI AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI DI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri, motivasi belajar, dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran praktikum akuntansi perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur kelas xi akuntansi keuangan lembaga SMK Negeri di Jakarta Pusat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk variabel bebas dan variabel terikat menggunakan teknik dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 140 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 104 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepercayaan diri terhadap hasil belajar, 2) motivasi belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, 3) lingkungan teman sebaya memilki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, 4) terdapat pengaruh pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan diri, motivasi belajar, dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa. *** This study aims to determine the effect of self-confidence, learning motivation, and peer environment on student learning outcomes in the subjects of accounting practicum for service, trading, and manufacturing companies in class xi financial accounting at State Vocational Schools in Central Jakarta. The research method used is a survey method with a correlational approach. Data collection techniques using questionnaires for independent variables and dependent variables using documentation techniques. The population in this study amounted to 140 students with a sampling technique using proportional random sampling, so the sample in this study amounted to 104 students. The results of this study indicate that: 1) there is a positive and significant effect of self-confidence on learning outcomes, 2) learning motivation has a positive and significant influence on learning outcomes, 3) peer environment has a positive and significant influence on student learning outcomes, 4) there are positive and significant influence between self confidence, learning motivation, and peer environment on student learning outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ati Sumiati, S.Pd., M.M. ; 2). Dr. Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 15553 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:05
Last Modified: 02 Sep 2022 07:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34123

Actions (login required)

View Item View Item