HUBUNGAN ANTARA IKLAN DENGAN KESADARAN MEREK HANDPHONE POLYTRON PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TATA NIAGA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ARIF NUROCHMAN, . (2014) HUBUNGAN ANTARA IKLAN DENGAN KESADARAN MEREK HANDPHONE POLYTRON PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TATA NIAGA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ARIF NUROCHMAN_8135101865_PEND. TATA NIAGA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang sahih dan valid, benar dan dapat dipercaya tentang seberapa besar hubungan antara Iklan dengan Kesadaran Merek handphone Polytron pada mahasiswa Pendidikan Tata Niaga FE, UNJ. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasi.Variabel bebasnya adalah iklan dan kesadaran merek sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Tata Niaga, sedangkan populasi terjangkaunya adalah mahasiswa Pendidikan Tata Niaga angkatan 2011 dan Sampel yang digunakan sebanyak 40 orang.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara acak sederhana sebanyak 36 orang berdasarkan tabel Isac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi linier sederhana dan didapat Ŷ = 61,90 + 0,35X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liniefors diperoleh Lhitung (Lo) 0,0990, sedangkan Ltabel taraf signifikan 0,05 adalah (Lt) 0,148. Karena Lhitung<Ltabel maka galat taksiran regresi Y atas X (Y – Ŷ) berdistribusi normal. Sedangkan uji kelinieran regresi didapat Fhitung(1,01) < Ftabel (2,42), sehingga disimpulkan bahwa model persamaan regresi tersebut linier. Dari uji hipotesis diketahui bahwa model keberartian regresi Fhitung (8,79) >Ftabel (4,13), Dari uji hipotesis dengan uji koefisien korelasi product moment dari Pearson diperoleh rxy = 0,453, maka ini berarti terdapat hubungan positif anatara iklan dengan kesadaran merek. Dari perhitungan uji-t diketahui thitung = (2,964) > ttabel = (1,68), sehingga ini menunjukan terdapat hubungan yang positif antara iklan dengan kesadaran merek. Sedangkan dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 20,53% yang menunjukan bahwa kesadaran merek ditentukan oleh iklan sebesar 20,53%. Hasil penelitian ini telah membuktikan adanya hubungan positif antara Iklan dengan kesadaran merek pada mahasiswa Pendidikan Tata Niaga FE, UNJ. Hal ini berarti bahwa jika semakin tinggi iklan maka semakin tinggi kesadaran merek pada konsumen. The study is aimed at obtaining valid, factual information and knowledge about correlation between Advertising with Brand Awareness handphone Polytron at commerce education student at faculty economics, UNJ. This study used a descriptive method with a correlation approach. Independent variable is Advertising and brand awareness as the dependent variable. The population in this study were commerce education student at faculty economics, UNJ, while the population of inaccessibility commerce education student 2011. The sample used by 40 people. The sampling technique used in this study is simple random sampling table of 36 people by Isac and Michael with an error level of 5%. Data analysis techniques starts with finding a simple linear regression equation and obtained Ŷ = 61,90 + 0,35X Test requirements analysis is the normality test on the estimated regression error Y over X with liliefors obtained Lhitung test (Lo) 0,0990, while the significant level of 0.05 was Ltabel (Lt) 0,148. Because Lhitung < Ltabel the estimated regression error Y over X (Y - Ŷ) normal. While the linearity test obtained regression of Fhitung (1,01) <Ftable (2.42), so it was concluded that the linear regression model. Hypothesis tests on the significance of the regression is known that the model of F (8,79) > F (4,13), Hypothesis tests with test product moment correlation coefficient of Pearson obtained rxy = 0,453, then this means that there is a positive relationship between Advertising and brand awareness. From the t-test calculation known t count = (2,964)> table = (1.68), so this shows that there is a positive relationship between Advertising with brand awareness. While the results of the calculation of the coefficient of determination values obtained 20,53% which indicates that the brand awareness is determined by the Advertising at 20,53%. The result of this study has proved the existence of a positive and significant correlation between Advertising with brand awareness handphone Polytron at commerce education student at faculty economics, UNJ. This means that if the higher Advertising will make the better brand awareness on consumer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurahma Hajat, M.Si. ; 2). Drs. Nurdin Hidayat, MM, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 10 Feb 2020 11:06
Last Modified: 10 Feb 2020 11:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3420

Actions (login required)

View Item View Item