PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI MAN 9 JAKARTA

SITI FATIMAH, . (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI MAN 9 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data secara empiris mengenai pengaruh penggunaan media pembelajaran berupa infografis terhadap minat belajar sejarah siswa kelas XI di MAN 9 Jakarta. Minat belajar merupakan salah satu faktor penting yang turut mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran, dimana siswa cenderung mempelajari pelajaran yang mereka minati dengan sungguh-sungguh dibandingkan dengan pelajaran yang kurang mereka minati. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di MAN 9 Jakarta, diperoleh informasi bahwa kurangnya minat belajar menjadi salah satu kendala dalam pembelajaran jarak jauh di sekolah tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental dengan bentuk pretest-posttest control group design. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di MAN 9 Jakarta yang berjumlah 210 siswa. Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini, digunakan teknik simple random sampling, hasilnya diperoleh jumlah sampel sebanyak 72 siswa, terdiri dari 36 siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan 36 siswa dari kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data penelitian mengenai minat belajar sejarah dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala likert, kuesioner tersebut terdiri dari 40 item pernyataan positif dan negatif yang disusun berdasarkan indikator minat belajar menurut Slameto yang mencakup: 1) ketertarikan untuk belajar; 2) perhatian dalam belajar; 3) motivasi belajar; 4) pengetahuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik parametrik dan uji hipotesis menggunakan Uji T-Test Tidak Berpasangan setelah data melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung senilai 2,056 yang lebih besar dari nilai ttabel yakni 2,028, serta memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,044 yang mana lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran infografis terhadap minat belajar sejarah siswa kelas XI di MAN 9 Jakarta. Perbandingan hasil minat belajar sejarah siswa juga dapat dilihat dari perbedaan rata-rata nilai pre-test dan post-test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol memperoleh rata-rata pre-test sebesar 144,19 poin sedangkan pada hasil post-testnya memperoleh rata-rata sebesar 143,56 poin, hal ini berarti terjadi penurunan rata-rata minat belajar pada kelas kontrol. Sementara itu, kelas eksperimen memperoleh rata-rata pre-test sebesar 143,33 poin, kemudian pada hasil post-test memperoleh rata-rata sebesar 149,75 poin, hal ini berarti terjadi peningkatan minat belajar sebesar 6,42 poin. This study aims to obtain empirical data regarding the effect of using instructional media in the form of infographics on interest in learning history for class XI students at MAN 9 Jakarta. Interest in learning is one of the important factors that influence the success of education, where students tend to study the subjects they are interested in seriously compared to the subjects they are less interested in. Based on a preliminary study conducted at MAN 9 Jakarta, information was obtained that lack of interest in learning was one of the obstacles in distance learning at the school. This research was conducted using an experimental method with a quantitative approach. The research design used in this study was True Experimental in the form of a pretest-posttest control group design. The affordable population in this study were all students of class XI at MAN 9 Jakarta, totaling 210 students. To determine the sample in this study, a simple random sampling technique was used, the results obtained a sample of 72 students, consisting of 36 students from class XI IPS 1 as the control class and 36 students from class XI IPS 2 as the experimental class. The collection of research data regarding interest in learning history was carried out using a questionnaire with a Likert scale, the questionnaire consisted of 40 items of positive and negative statements arranged based on indicators of interest in learning according to Slameto which included: 1) interest in learning; 2) attention in learning; 3) learning motivation; 4) knowledge. The data analysis technique used in this study was parametric statistics and hypothesis testing using the Unpaired T-Test after the data went through the normality and homogeneity tests. The results of the hypothesis test show the tcount value of 2.056 which is greater than the ttable value of 2.028 and obtains a significance value of 0.044 which is smaller than the significance level of 5% (0.05). This shows that there is a significant effect of the use of infographic learning media on the interest in learning history of class XI students at MAN 9 Jakarta. Comparison of the results of students' interest in learning history can also be seen from the difference in the average pre-test and post-test scores between the control class and the experimental class. The control class obtained an average pre-test of 144.19 points while the post-test results obtained an average of 143.56 points, this means that there was a decrease in the average interest in learning in the control class. Meanwhile, the experimental class obtained an average pre-test of 143.33 points, then the post-test results obtained an average of 149.75 points, which means an increase in learning interest of 6.42 points.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Corry Iriani Rochalina, M.Pd. ; 2). Dr. M. Fakhruddin, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 14982 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:13
Last Modified: 01 Sep 2022 03:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34258

Actions (login required)

View Item View Item