PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN BAHASA INGGRIS MELALUI STRATEGI MEMBACA KOLABORATIF (Penelitian Tindakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP Panca Sakti Bekasi Jawa Barat)

YON A.E, . (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN BAHASA INGGRIS MELALUI STRATEGI MEMBACA KOLABORATIF (Penelitian Tindakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP Panca Sakti Bekasi Jawa Barat). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (631kB)
[img] Text
2. Bab I.pdf

Download (415kB)
[img] Text
3. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text
4. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (238kB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajar bahasa Inggris mengalami kesulitan dalam memahami bacaan dalam bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bacaan mahasiswa dengan menerapkan Collaborative Strategic Reading (CSR) pada mahasiswa semester dua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Panca Sakti Bekasi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dengan menganalisis catatan lapangan, lembar pengamatan dan wawancara. Sementara data kuantitatif diperoleh dari pre-test, pos-test dan portofolio pra-siklus, siklus I dan siklus II. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan membaca siswa meningkat dalam empat dimensi tidak hanya pada pemahaman literal, interpretatif, aplikatif tetapi juga pada pemahaman kritis. Temuan menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada pra-siklus (68) meningkat menjadi 77 dan menjadi 87 pada siklus pertama dan kedua. Untuk pemahaman interpretatif, nilai rata-rata pada pra siklus adalah 61, meningkat menjadi 69 pada siklus I dan menjadi 80 pada siklus II. Untuk pemahaman aplikatif, nilai rata-rata pada pra siklus adalah 62, meningkat menjadi 64 pada siklus I dan menjadi 84 pada siklus II. Akhirnya pemahaman kritis juga meningkat, dari 59 pada prasiklus menjadi 65 pada siklus I dan menjadi 85 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Collaborative Strategic Reading efektif meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan mahasiswa. Peneliti kemudian menghasilkan beberapa hasil dari disertasi tersebut sebagai berikut: 1) artikel di jurnal ERJEE untuk indeks Sinta 2/DOAJ, 2) presenter pada konferensi internasional Asian EFL Journal, 3) buku ISBN, dan 4) sertifikat HAKI. Kata kunci : Penelitian Tindakan, Kemampuan Memahami Bacaan, Strategi Kolaboratif ********* English language learners experienced difficulties in understanding readings in English. This research aims to improve students’ reading comprehension by implementing Collaborative Strategic Reading (CSR) at second semester students of English Department, STKIP Panca Sakti Bekasi. This research used a Classroom Action Research (CAR) was conducted in two cycles. There are qualitative and quantitative data collected in this research. The former data were gained by analyzing field note, observation sheet and interview while the latter ones were obtained from pre-test, post-test and portfolio of pre-cycle, cycle I and cycle II. The result shows that the mean score of students’ reading performance increases in four dimensions not only on literal, interpretative, applicative but also on critical understanding. The finding indicates that the students’ mean score at pre-cycle (68) increases to 77 and to 87 in the first and second cycles respectively. For interpretative understanding, the average score at pre-cycle was 61, increasing to 69 in the first cycle and to 80 in the second cycle. For applicative understanding, the average score at pre-cycle was 62, increasing to 64 in the first cycle and to 84 in the second cycle. Finally, the critical understanding also increases, from 59 at pre-cycle to 65 in the first cycle and to 85 in the second cycle. Therefore, the implementation of CAR effectively improves the students’ reading performance. The researcher, then, produced several outcomes from the disertataion as follows: 1) an article in ERJEE journal for Sinta 2/DOAJ index, 2) the presenter of the international conference of Asian EFL Journal, 3) an ISBN book, and 4) HAKI. Keywords: Action Reseach, bility, English Reading Comprehension, Collaborative Strategic Reading

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd. ; 2). Dr. Nuruddin, M.A.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 15719 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:06
Last Modified: 01 Sep 2022 02:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34276

Actions (login required)

View Item View Item