PENILAIAN MODUL MATERI KERAH CONVERTIBLE PADA MATA KULIAH DRAPING

EVI ANGGRAINI, . (2022) PENILAIAN MODUL MATERI KERAH CONVERTIBLE PADA MATA KULIAH DRAPING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai modul materi kerah convertible secara draping pada aspek materi dan penyajian modul. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Instrument penelitian aspek materi terdiri dari pembelajaran sendiri, satu kesatuan, berdiri sendiri, menyesuaikan diri, dan mudah digunakan. Instrumen penyajian modul terdiri dari format, pengaturan materi, daya tarik, bentuk dan ukuran huruf, ruang (spasi kosong), dan konsistensi tata asas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/ kuesioner tertutup yang diberikan kepada panelis ahli. Penilaian diukur dengan skala rating scale. Hasil penilaian untuk aspek materi untuk presentase tertinggi, yaitu pembelajaran sendiri memiliki jumlah skor keseluruhan adalah 65 dari skor kriteria yang ditetapkan mendekati Sangat baik (SB) dengan persentase 90,27% sehingga pada rangkuman materi jelas, lembar evaluasi pada modul sesuai, dan terdapat rubrik penilaian yang mampu membantu untuk penilaian secara mandiri. Presentase terendah adalah mudah digunakan memiliki jumlah skor 45 dari kriteria yang ditetapkan dengan kategori baik (B) presentase 80,35% sehingga penggunaan bahasa kurang jelas, efektif, dan masih menimbulkan makna ganda. Pada aspek penyajian modul, presentase tertinggi adalah format dan pengaturan materi dengan jumlah skor 23 dab 69 dari kriteria yang ditetapkan dengan presentase 95,83% sehingga modul memiliki tata letak yang sesuai gambar yang jelas, sistematika penulisan sesuai. Presentase terendah adalah ruang (spasi) kosong memiliki jumlah skor 31 dari kriteria yang ditetapkan dengan presentase 80,5% sehingga spasi antar paragraph dan antarbaris kurang sesuai. Maka dari itu, modul dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa dan dijadikan referensi bagi mahasiswa Tata Busana. ***** This study aims to assess the convertible collar material module by draping on the material aspect and the presentation of the module. The research method used is descriptive quantitative. The material aspect research instrument consists of self-instruction, self-contained, stand-alone, adaptive, and user-friendly. The module presentation instrument consists of format, material arrangement, attractiveness, letter shape and size, space (whitespace), and consistency of basic layout. The data collection technique uses a closed questionnaire given to expert panelists. Valuation is measured by a rating scale. The assessment results for the material aspect for the highest percentage, namely the self-instruction has an overall score number of 65 of the criteria scores set close to Excellent (SB) with a percentage of 90.27% so that the material summary is clear, the evaluation sheets in the modules are appropriate, and there is an assessment rubric that can help for independent assessment. The lowest percentage is that it is user-friendly has a total score of 45 from the criteria set with a good category (B) a percentage of 80.35% so that the use of language is less clear, effective, and still gives rise to double meanings. In the aspect of module presentation, the highest percentage is the format and arrangement of the material with a total score of 23 dab 69 from the criteria set with a percentage of 95.83% so that the module has a layout that matches clear drawings, writing systematics accordingly. The lowest percentage is that the empty space (space) has a total score of 31 of the set criteria with a percentage of 80.5%, so the space between paragraphs and lines is not appropriate. Therefore, modules can provide convenience for students and be used as a reference for Fashion students. Keywords: Module, Collar, Convertible Collar, Draping

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Harsuyanti Rawiyah Lubis, M. Hum 2). Dra. Vivi Radiona Sofyani Putri, M. Pd
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 15723 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:00
Last Modified: 02 Sep 2022 02:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34280

Actions (login required)

View Item View Item