PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-KHAIRIYAH JAKARTA UTARA

Riya Rizqiyah, . (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-KHAIRIYAH JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Riya R.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-khairiyah Jakarta Utara, pada semester 1 Tahun Ajaran 2014-2015, yang dimulai sejak bulan Agustus hingga bulan Oktober 2014 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kooperatif teknik “Role Playing” dalam meningkatkan kemampuan Berbicara siswa di MTs Al-khairiyah Jakarta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasinya adalah siswa MTs Al-khairiyah Jakarta Utara dan Sampelnya adalah siswa kelas VIII sebanyak 78 siswa, yang terdiri dari 39 siswa untuk kelas kontrol dan 39 siswa untuk kelas eksperimen. teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple cluster sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk tes lisan dengan teknik analisis data digunakan adalah uji-t pada taraf signifikansi = 0,05. Uji-t ini dilakukan setelah melakukan tes seperti Uji Normalitas dan Uji Homogenitas, maka kemudian akan diperoleh hasil dari uji-t. Setelah dilakukan tes maka nilai t hitung yang diperoleh adalah 2,401. Sedangkan t tabel adalah 1,67 untuk derajat kebebasan (dk = 76). Karena harga t hitung lebih besar daripada harga t tabel, maka hipotesis nol (HO) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima. Penelitian ini menunjukkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif teknik “Role Playing” lebih tinggi hasil kemampuan berbicaranya dibandingkan dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif teknik Role Playing. Motivasi belajar siswa akan meningkat dan memperoleh hasil belajar yang baik, karena dengan strategi pembelajaran kooperatif teknik “Role Playing” dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran dan dapat menumbuhkan interaksi siswa antara satu dengan yang lainnya dalam menuangkan ide atau gagasan mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 18 Oct 2019 15:26
Last Modified: 18 Oct 2019 15:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item View Item