PENGARUH KETERAMPILAN GURU MEMANFAATKAN TIK DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMKN 46 JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING

DZIKRIKA BUNGA ARDIKA, . (2022) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MEMANFAATKAN TIK DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMKN 46 JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (703kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru memanfaatkan TIK dan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar peserta didik SMKN 46 Jakarta. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data sekunder yang didapatkanfdari teknik dokumentasi yaitu nilai ulangan harian dan penilaian akhir semester, lalu data primer yang didapatkan langsung dari responden melalui teknik pengisian kuesioner secara online.jAdapun hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara keterampilan guru memanfaatkan TIK terhadap hasil belajar Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet dan Komputer Akutansi yang ditunjukkan dengan nilai thitung 2,165 > ttabel 1,98397; (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara gaya mengajar guru terhadap hasil belajar Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet dan Komputer Akutansi yang ditunjukkan dengan nilai thitung 3,827 > ttabel 1,98397; (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara keterampilan guru memanfaatkan TIK dan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai fhitung 39,420 > ftabel 3,09. Koefisien korelasi berganda sebesar 0,677 dan koefisien determinasi sebesar 0,430 atau sebesar 43% variabel keterampilan guru memanfaatkan TIK dan gaya mengajar guru mempengaruhi hasil belajar peserta didik secara bersama-sama dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti pada penelitian ini. Kemudian dari adanya penelitian ini dapat memberikan sumbangsih terhadap perkembangan bidang ilmu pendidikan khususnya bagi guru. Guru dituntut untuk menjadi lebih baik dan mengeksplor lebih dalam, khususnya pada keterampilan TIK serta gaya mengajarnya, sehingga dengan demikian hasil belajar peserta didik dapat mengalami perkembangan yang signifikan. Kata kunci: Keterampilan Guru Memanfaatkan TIK, Gaya Mengajar Guru, Hasil Belajar Peserta Didik, Blended Learning, Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet dan Komputer Akuntansi. *** This study aims to determine the effect of teacher skills in using ICT and teacher teaching styles on student learning outcomes at SMKN 46 Jakarta. The method is used to collect secondary data obtained from documentation techniques, namely daily test scores and end-of-semester assessments, then primary data obtained directly from respondents through online questionnaire filling techniques. The results of this study are: (1) There is a significant positive influence between the skills of teachers utilizing ICT on the learning outcomes of the Number Processing Application / Spreadsheet and Computer Accounting which is indicated by the value of t count 2,165 > t table 1,98397; (2) There is a significant positive influence between the teacher's teaching style on the learning outcomes of the Number/Spreadsheet Processing Application and the Accounting Computer indicated by the value of t count 3,827 > t table 1,98397; (3) There is a significant positive effect between the skills of teachers in using ICT and the teaching style of teachers on learning outcomes as indicated by the value of f count 39,9 > f table 3,09. The multiple correlation coefficient is 0.677 and the coefficient of determination is 0.430 or 43%, the variable teacher skills in using ICT and the rest is influenced by other factors not examined in this study. Then from this research can contribute to the development of the field of education, especially for teachers. Teachers are required to be better and explore more deeply, especially in ICT skills and teaching styles, so that student learning outcomes can experience significant development. Keywords: Teacher Skills in Using ICT, Teacher Teaching Styles, Student Learning Outcomes, Blended Learning, in the subjects of Spreadsheets and Computer Accounting.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si ; 2). Dr. Ayatulloh Michael Musyaffi, SE.,Ak.,M.Ak
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 15607 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:03
Last Modified: 02 Sep 2022 07:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34396

Actions (login required)

View Item View Item