PENGARUH ATRAKSI, AKSESIBILITAS DAN AMENITAS TERHADAP REVISIT INTENTION PADA OBJEK WISATA ALAM BUMI PERKEMAHAN HULU DAYEUH TRIJAYA, KEC. MANDIRANCAN, KAB. KUNINGAN

RIZQI ANNISHA, . (2022) PENGARUH ATRAKSI, AKSESIBILITAS DAN AMENITAS TERHADAP REVISIT INTENTION PADA OBJEK WISATA ALAM BUMI PERKEMAHAN HULU DAYEUH TRIJAYA, KEC. MANDIRANCAN, KAB. KUNINGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (511kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (264kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji serta menganalisis pengaruh atraksi, aksesibilitas dan amenitas terhadap revisit intention pada Objek Wisata Alam Bumi Perkemahan Hulu Dayeuh Trijaya. Penelitian ini dilakukan di Objek Wisata Alam Bumi Perkemahan Hulu Dayeuh Trijaya yang dilaksanakan pada Bulan April sampai dengan Mei 2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel, yaitu accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang pernah berkunjung ke Objek Wisata Alam Bumi Perkemahan Hulu Dayeuh Trijaya pada Tahun 2021 yang berjumlah 12.431. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil persamaan regresi linear berganda menunjukkan Y = 0,084 + 0,168X1 + 0,110X2 + 0,658X3. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) atraksi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap revisit intention pada Objek Wisata Alam Bumi Perkemahan Hulu Dayeuh Trijaya; (2) amenitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap revisit intention pada Objek Wisata Alam Bumi Perkemahan Hulu Dayeuh Trijaya; (3) aksesibilitas tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap revisit intention pada Objek Wisata Alam Bumi Perkemahan Hulu Dayeuh Trijaya karena memiliki tingkat aksesibilitas sedang. Berdasarkan hasil Uji F atraksi, aksesibilitas dan amenitas secara simultan berpengaruh terhadap revisit intention pada Objek Wisata Alam Bumi Perkemahan Hulu Dayeuh Trijaya sebesar 62%. Sedangkan strategi promosi untuk pengembangan pariwisata berdasarkan portopolio kepariwisataan masih rendah dilihat dari BAS, POSE dan POP. Selanjutnya, setiap tugas dan wewenang sumber daya manusia di objek wisata belum sesuai dengan kriteria portopolio kepariwisataan. ***** This research aims to examine and analyze the effect of attractions, accessibility, and amenities on the revisit intention at the Hulu Dayeuh Trijaya Campground Natural Tourism Object. The research was conducted at the Hulu Dayeuh Trijaya Campground Natural Tourism Object held from April to May 2022. The research method used in this research is quantitative descriptive with a sampling technique, namely accidental sampling. The population in this research were all tourists who had visited the Natural Tourism Object of the Hulu Dayeuh Trijaya Campground in 2021, amounting to 12,431. Analysis of the data in this research using multiple linear regression. Based on the results of the multiple linear regression equation shows that Y = 0,084 + 0,168X1 + 0,110X2 + 0,658X3. The results of the data analysis show that: (1) Attractions significantly influence the revisit intention at the Hulu Dayeuh Trijaya Campground Natural Tourism Object; (2) Amenities significantly influence the revisit intention at the Hulu Dayeuh Trijaya Campground Natural Tourism Object; (3) Accessibility does not significantly affect the revisit intention at the Hulu Dayeuh Trijaya Campground Natural Tourism Object because it has a moderate level of accessibility. Based on the F Test that attractions, accessibility, and amenities simultaneously affect the revisit intention at the Hulu Dayeuh Trijaya Campground Natural Tourism Object by 62%. While the promotion strategy for tourism development based on the tourism portfolio is still low, as seen by BAS, POSE, and POP. Furthermore, every task and authority of human resources at tourism object is not by the criteria for the tourism portfolio.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) . Dr. Oot Hotimah, S.Pd., M.Si. ; 2) . Dr. Aris Munandar, S.Pd., M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 13077 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2022 06:30
Last Modified: 02 Sep 2022 06:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34398

Actions (login required)

View Item View Item