LISTIANA, . (2022) EFEKTIVITAS METODE FUN LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI TPQ+ AQSYANNA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (877kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (782kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (642kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kewajiban umat muslim menanamkan dan mengajarkan pendidikan agama islam sejak dini, namun disisi lain keadaan siswa yang sering merasa bosan dan sulit memahami materi yang dipelajari terutama pada masa anak usia dini yang karakteristiknya masih belum stabil dan seperti lebih asyik pada dunianya sendiri serta banyaknya guru yang masih menerapkan pembelajaran konvesional serta pembelajaran yang kurang variatif dan membosankan. Metode Fun Learning menjadi salah satu alternatif metode terbaik yang digunakan dalam pembejaran, terutama pada anak usia dini. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Metode Fun learning terhadap pembelajaran Pendidikan Agama islam pada anak usia dini dengan jenis penelitian kualitatif , data diperoleh dengan teknik pengumpulan melalui observasi dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah yang berjumlaah 40 orang. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa metode fun learning terhadap pembelajaran pendidikan agama islam pada anak usia dini berjalan secara efektif. Hal ini dilihat dari : (1)Proses pengelolaan pembelajaran oleh guru dilaksanakan dengan baik, yang dilihat dari guru menguasai materi dengan baik karena dapat menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh santri, media yang digunakan dapat menunjang pembelajaran, metode fun learning yang digunakan dapat membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan pembelajaran berlangsung secara komunikatif; (2)ketercapaian tujuan pembelajaran dalam membina pengetahuan agama islam dan prilaku pada santri yang dilihat dari akhlak santri yang selalu berlomba lomba ingin berbuat baik dan bermanfaat. (3) Respon santri terhadap metode fun learning yang dilakukan menunjukkan respon yang baik dilihat dari hasil observasi selama penelitian berlangsung. serta (4) hasil belajar santri setelah belajar menggunakan metode fun learning menunjukkan hasil yang sangat baik. ***** This research is motivated by the obligation of Muslims to instill and teach Islamic religious education from an early age, but on the other hand the condition of students who often feel bored and find it difficult to understand the material being studied, especially in early childhood whose characteristics are still unstable and seem more engrossed in their own world. and the number of teachers who still apply conventional learning and learning that is less varied and boring. The Fun Learning method is one of the best alternative methods used in learning, especially in early childhood. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the fun learning method on learning Islamic religious education in early childhood with this type of qualitative research, data obtained by collecting techniques through observation and interviews. The sample in this study was 40 people. The findings in this study indicate that the fun learning method for learning Islamic religious education in early childhood is effective. This can be seen from: (1) The learning management process by the teacher is carried out well, which can be seen from the teacher mastering the material well because it can convey material in a language that is easily understood by students, the media used can support learning, the fun learning method used can make learning fun and learning takes place communicatively; (2) the achievement of learning objectives in fostering Islamic religious knowledge and behavior in students as seen from the morals of students who always compete to do good and be useful. (3) The response of students to the fun learning method that was carried out showed a good response seen from the results of observations during the research. and (4) student learning outcomes after learning using the fun learning method showed very good results.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Khairil Ikhsan Siregar, Lc., MA. 2). Dr. Muhammad Ridwan Effendi, S.Pd.I, M.Ud |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 15639 not found. |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 03:19 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 03:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34423 |
Actions (login required)
View Item |