STUDI LITERATUR : ANALISIS KEJENUHAN BELAJAR MAHASISWA

RIZKA AMALIA RAMADHANA, . (2022) STUDI LITERATUR : ANALISIS KEJENUHAN BELAJAR MAHASISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Tuntutan akademik yang dirasakan peserta didik dan peraturan yang berlaku di universitas dapat memicu terjadinya kejenuhan belajar pada mahasiswa. Dari sini dapat dipahami bahwa mahasiswa yang tidak juga mendapatkan kemajuan dari proses belajarnya, tidak menutup kemungkinan hal ini disebabkan oleh faktor kejenuhan yang dialami mahasiswa itu sendiri. Gejala ini harus segera mendapat perhatian dari dosen agar dampak kejenuhan belajar yang terjadi, tidak menjadi semakin besar. Mahasiswa yang mengalami kejenuhan belajar akan mengalami hambatan, kurang memiliki motivasi dan tidak memiliki kebiasaan belajar yang positif, tidak memiliki keselarasan antara emosi, pikirannya dan sulit untuk berkonsentrasi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan pemaparan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kejenuhan belajar pada mahasiswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiwa mengalami kejenuhan saat pembelajaran daring yang disebabkan oleh beberapa aspek dan faktor kejenuhan belahar. Aspek kejenuhan belajar daring yakni kelelahan emosinal (exhaustion), perasaan sinis (cynicism), dan perasaan tidak kompeten (professional efficacy), kemudian faktor penyebab kejenuhan belajar berasal dari faktor internal dan eksternal. *** The academic demands felt by students and the regulations that apply at the university can trigger learning saturation in students. From this it can be understood that students who do not also get progress from their learning process, it is possible that this is caused by the saturation factor experienced by the students themselves. This symptom must immediately receive attention from the lecturer so that the impact of learning saturation that occurs does not become bigger. Students who experience learning saturation will experience obstacles, lack motivation and do not have positive study habits, do not have harmony between their emotions and thoughts and find it difficult to concentrate in the learning process. Based on this explanation, this study aims to analyze student learning saturation. The method used in this research is literature study. The results showed that students experienced boredom during online learning caused by several aspects and factors of learning saturation. Aspects of online learning saturation are emotional exhaustion (exhaustion), cynicism (cynicism), and feelings of incompetence (professional efficacy), then the factors that cause learning saturation come from internal and external factors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurlaila Abdullah Mashabi, M.Kes. ; 2). Mulyati, S.Pd., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 15608 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2022 09:06
Last Modified: 04 Sep 2022 09:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34463

Actions (login required)

View Item View Item