HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN PROSES SAINS TERINTEGRASI DAN EFIKASI DIRI DENGAN LITERASI BIOLOGI SISWA

SARAH RAHMAWATI NURMANITA, . (2022) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN PROSES SAINS TERINTEGRASI DAN EFIKASI DIRI DENGAN LITERASI BIOLOGI SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I PENDAHULUAN hal 1-6.pdf

Download (294kB)
[img] Text
3. BAB II KAJIAN TEORI hal 7-16.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III METODOLOGI PENELITIAN hal 17-26.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN hal 27-43.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN hal 44.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA hal 45-49.pdf

Download (475kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Pesatnya perkembangan sains dan teknologi di era globalisasi mengharuskan Lembaga Pendidikan mampu membentuk siswa memiliki kemampuan literasi sains. Biologi merupakan salah satu cabang ilmu dari sains. Literasi biologi adalah pengembangan literasi sains secara konteks biologi. Permasalahan sains khususnya biologi yang ada di kehidupan sehari-hari bisa dipecahkan apabila siswa memahami dan dapat menggunakan keterampilan proses sains terintegrasi dan efikasi diri yang tinggi. Hal tersebut bertujuan agar setiap keputusan yang diambil saat menyelesaikan masalah memiliki landasan yang kuat serta siswa akan mampu berkembang dalam meraih prestasi dan merasa optimis dalam meraih sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan proses sains terintegrasi dan efikasi diri dengan literasi biologi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Depok pada tahun ajaran 2021/2022 semester ganjil. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan jenis studi korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 144 siswa yang diambil dari empat kelas X MIPA dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan tiga instrumen tes, yaitu: tes literasi biologi, tes keterampilan proses sains terintegrasi dan tes efikasi diri. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif antara keterampilan proses sains terintegrasi dengan literasi biologi, hubungan positif antara efikasi diri dengan literasi biologi, hubungan positif antara keterampilan proses sains terintegrasi dan efikasi diri dengan literasi biologi siswa. Kata Kunci: efikasi diri, keterampilan proses sains terintegrasi, literasi biologi. ******** ABSTRACT The rapid development of science and technology in the era of globalization requires educational institutions to be able to form students who have scientific literacy skills. Biology is a branch of science. Biological literacy is the development of scientific literacy in a biological context. Science problems, especially biology, that exist in everyday life can be solved if students understand and can use integrated science process skills and high self-efficacy. It is intended that every decision taken when solving problems has a strong foundation and students will be able to develop in achieving achievements and feel optimistic in achieving something. This study aims to determine the relationship between integrated science process skills and self-efficacy with students' biological literacy. This research was conducted at SMA Negeri 3 Depok in the odd semester 2021/2022 academic year. The method used is descriptive method, with the type of correlational study. The sample used was 144 students taken from four classes of X Mathematics and Natural Sciences using simple random sampling technique. The data in this study were taken using three test instruments, namely: a biological literacy test, an integrated science process skills test and a self-efficacy test. The results showed that there was a positive relationship between integrated science process skills and biological literacy, a positive relationship between self-efficacy and biological literacy, a positive relationship between integrated science process skills and students' self-efficacy and biological literacy. Keywords: self-Efficacy, integrated science process skills, biological literacy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Ratna Dewi Wulaningsih, M.Si. ; 2). Dra. Nurmasari Sartono, M.Biomed.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 15786 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:35
Last Modified: 02 Sep 2022 02:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34504

Actions (login required)

View Item View Item