PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA SMA NEGERI 99 JAKARTA

SEILA, . (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA SMA NEGERI 99 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (147kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (69kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 99 Jakarta selama empat bulan yaitu dari bulan Juli 2011 sampai Oktober 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 99 Jakarta yang berjumlah 942 siswa yang berasal dari 24 kelas, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 154 siswa yang terdiri dari empat kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan teknik undi sehingga diperoleh kelas XI IPS 2 yang berjumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 yang berjumlah 39 siswa sebagai kelas kontrol. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar sejarah. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar sebanyak 50 butir pertanyaan dengan lima pilihan jawaban. Sebelum instrumen digunakan dilakukan uji coba instrumen di kelas XI IPS 3. Dari hasil uji coba menggunakan uji validitas butiR soal dengan rumus r product moment didapatkan 40 butir soal valid dan 10 butir soal invalid. Kemudian dilanjutkan dengan penghitungan uji reliabilitas menggunakan teknik belah dua dengan rumus r product moment untuk mengetahui keajegan instrumen, diperoleh indeks reliabilitas separuh rgg = 0.913. Dari perolehan indeks reliabilitas separuh kemudian dihitung reliabilitas keseluruhan dengan menggunakan rumus Spearman-Brown dan dari hasil perolehan tersebut didapatkan nilai r11 = 0.9543 yang berarti reliabilitas instrumen sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Corry Iriani R, M.Pd ; 2). Drs. M. Fakhruddin, M.Si.
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 05:14
Last Modified: 07 Sep 2022 05:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34515

Actions (login required)

View Item View Item