PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI RINTISAN SMA BERTARAF INTERNSIONAL

NITRA IHSANA ADIWARNI, . (2010) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI RINTISAN SMA BERTARAF INTERNSIONAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Abstrak dkk.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Lampiran - lampiran.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan sumber belajar sejarah yang dilakukan oleh tiga orang guru sejarah SMAN 70 Jakarta yang mengajar pada kelas X. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April – November 2009. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan melalui beberapa proses antara lain : kegiatan observasi proses pembelajaran di dalam kelas, wawancara serta studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data, sumber data dalam penelitian ini yaitu, informan kunci adalah Dra. M.Y. Sri Wuryaningsih, sebagai salah satu staff RSBI dan koordinator Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sejarah, sedangkan informan inti adalah guru sejarah yang mengajar di kelas X, dan siswa kelas X. Sumber belajar terdiri dari pesan, manusia, bahan, alat, teknik, dan setting (lingkungan). Pesan atau materi yang diajarkan pada pembelajaran sejarah pada kelas X, adalah perkembangan kebudayaan masyarakat zaman batu sampai zaman logam dan peradaban kuno di dunia yang berpengaruh terhadap peradaban di Indonesia. Orang – orang yang berperan pada pembelajaran sejarah yaitu tiga orang guru sejarah yang mengajar pada kelas X, serta siswa kelas X. Bahan yang digunakan sebagai sumber belajar sejarah adalah buku paket, media power point, film sejarah (Walking With Caveman), dan bahan yang berasal dari siswa seperti mind mapping, kamus mini dan makalah kelompok. Alat yang digunakan dalam pembelajaran sejarah adalah LCD, Laptop serta papan tulis. Metode yang digunakan adalah metode ceramah yang divariasikan dengan metode diskusi dan Tanya jawab. Pembelajaran sejarah umumnya terjadi di dalam kelas, sehingga kelas dibuat senyaman mungkin i untuk belajar. Hal tersebut terjadi karena tidak ada tempat di dalam lingkungan sekolah yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat pembelajaran. Berdasarkan penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pemanfaatan sumber belajar di SMAN 70 Jakarta, khususnya di kelas X bervariasi tergantung pada setiap guru. Karena factor pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki setiap guru berbeda yang berujung pada kreativitas masing – masing guru dalam memanfaatkan sumber belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Corry Iriani R, M.Pd; 2). Dra. Budiarti, M.Pd.
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:06
Last Modified: 02 Sep 2022 07:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34540

Actions (login required)

View Item View Item