PERSEPSI ORANGTUA TERHADAP SISTEM ZONASI DKI JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 (Studi Kualitatif di SMP Negeri 242 Jakarta)

ARDIA PRAMESTHI PRADITA, . (2020) PERSEPSI ORANGTUA TERHADAP SISTEM ZONASI DKI JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 (Studi Kualitatif di SMP Negeri 242 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER-NIM.pdf

Download (323kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (140kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (413kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (402kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (314kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi orangtua kelas VII SMP Negeri 242 Jakarta terhadap pelaksanaan sistem zonasi DKI Jakarta dalam penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2019/2020 dari segi pengetahuan, pemahaman dan penilaian para orangtua terhadap pelaksanaan sistem zonasi DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara studi dokumentasi dan wawancara kepada informan dan key informan. Wawancara dilakukan kepada delapan orangtua murid Kelas VII SMP Negeri 242 Jakarta yang diterima melalui Jalur Zonasi pada tahun pelajaran 2019/2020. Serta key informan dalam penelitian adalah Ketua Pelaksana Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 242 Jakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa, sistem zonasi DKI Jakarta telah dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku dengan penerapan menentukan zona berdasarkan kelurahan dalam satu kecamatan dan penerimaan peserta didik dilihat dari nilai UN. Para orangtua menilai bahwa dengan diterapkan nya kebijakan sistem zonasi dapat mendekatkan anak nya untuk sekolah dekat dengan tempat tinggal walaupun ada beberapa orangtua yang belum memahami lebih mengenai sistem zonasi DKI Jakarta dalam penerimaan peserta didik baru di kelompokkan berdasarkan kelurahan dan memakai acuan terhadap nilai UN namun dalam mekanisme pendaftaran sebagian orangtua memahami hal tersebut. Penerapan zonasi DKI Jakarta yang didasarkan pada nilai, beberapa orangtua merasa khawatir tidak dapat menyekolahkan anak di sekolah terdekat karna nilai anak nya kurang dan tidak sesuai dengan apa yang dikatakan pemerintah kalau sistem zonasi itu penerimaan peserta didik berdasarkan jarak tempat tinggal. Sehingga dalam penerapan sistem zonasi DKI Jakarta orangtua merasa kurang setuju apabila sistem zonasi DKI Jakarta dalam penerapan penerimaan peserta didik baru berdasarkan nilai bukan berdasarkan pada jarak tempat tinggal. Kata Kunci : Persepsi, Orangtua, Sistem Zonasi , DKI Jakarta. The aim of the study is to determine parent’s perception of grade 7 in SMP Negeri 242 Jakarta towards the implementation of Jakarta Zonation System in the acceptance of new students in the academic year 2019/2020 in terms of knowledge, understanding and opinion of parents of the implementation of Jakarta Zonation System. The method of the study is descriptive qualitative. The technique of collecting data by study the documentation and interviewing the informant and key informant. Eight student’s parents have been interviewed, these students have been accepted through Jakarta Zonation System in the academic year 2019/2020. As well as key informant in the research is the Chief Executive of Acceptance Students New School Year 2019/2020 in SMPN 242 Jakarta. The result shows that the Jakarta Zonation System have been done based on the applicable rules. The rules are based on the student’s house zonation and their result of National Exam. According parent’s opinion the advantage of Jakarta Zonation System is the school are closer from their house even though some parents have lack information about Jakarta Zonation System but in registration mechanism some parents understand that. The rule of Jakarta Zonation System is based on the student’s National Exam result, some parents are worried they cannot send their child to the nearest school because their child’s National Exam result is below average. Parents agree with the system if the system rule are based on the student’s living zonation instead of based on the result of their National Exam. Key Words : Perception, Parents, Zonation System, Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sarkadi, M.Si. ; 2). Dwi Afrimetty Timoera, S.H.,M.H.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 294 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2020 12:34
Last Modified: 19 Feb 2020 12:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3457

Actions (login required)

View Item View Item