PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANIMASI 3D PLOTAGON BERBANTUAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 JAKARTA

AURELIA RACHMA PUTRI BIANCAHYANI, . (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANIMASI 3D PLOTAGON BERBANTUAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif animasi 3D Plotagon berbantuan model pembelajaran Circuit learning terhadap kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian model one group pre-test post-test design. Uji prasyarat amalisis data dilakukan dengan uji normalitas (Liliefors), diperoleh Lo= 0,103 < Ltabel= 0,161 pada pretest dan Lo= 0,128 < Ltabel= 0,161 dengan taraf signifikasi α=0,05 pada posttest maka data dinyatakan berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas (Uji Fisher) diperoleh Fhitung= 3,063 dan Ftabel= 4,21, diperoleh bahwa Fhitung < Ftabel, maka data memiliki varians homogen dengan taraf signifikasi α=0,05. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh thitung=11,26 > ttabel=2,052 hasil interpolasi dengan taraf signifikasi α=0,05. Dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif animasi 3D Plotagon berbantuan model pembelajaran circuit learning berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Jakarta. Pada tahap penilaian terdapat dua belas aspek penilaian. Struktur rangkaian argumen memiliki pencapaian yang tertinggi dari aspek lain, dan ejaan yang benar memiliki pencapaian terendah. Berdasarkan hasil di atas, media pembelajaran interaktif animasi 3D Plotagon berbantuan model pembelajaran circuit learning dapat dijadikan sebagai media yang baik untuk pembelajaran teks persuasi. Selain itu, juga dapat diimplementasikan untuk materi pembelajaran teks eksposisi pada kompetensi dasar 3.6 dan 4.6. Kata Kunci: media pembelajaran interaktif animasi 3D Plotagon, circuit learning, teks persuasi. ********* This study aims to determine the effect of interactive learning media Plotagon 3D animation assisted by Circuit learning learning model on the ability to write persuasive texts in class VIII SMP Negeri 4 Jakarta. This study uses an experimental method with a research design model of one group pre-test post-test design. The prerequisite test for data analysis was carried out with the normality test (Liliefors), obtained Lo= 0.103 < Ltable= 0.161 in the pretest and Lo= 0.128 < Ltable= 0.161 with a significance level α= 0.05 in the posttest, the data is declared normally distributed. The results of the homogeneity test (Fisher's test) obtained Fcount= 3.063 and Ftable= 4.21, it was found that Fcount < Ftable, then the data had a homogeneous variance with a significance level α= 0.05. The results of data analysis with t-test obtained tcount= 11.26 > ttable= 2.052 interpolation results with a significance level α= 0.05. It can be stated that Ho is rejected and H1 is accepted. The results of this study indicate that the use of interactive learning media Plotagon 3D animation circuit learning model affects the ability to write persuasive texts in class VIII SMP Negeri 4 Jakarta. At this stage there are twelve aspects. The structure of the argument has the highest power of the other aspects, and spelling actually has the lowest power. Based on the above results, Plotagon 3D animation interactive learning media assisted by the circuit learning learning model can be used as a good medium for persuasion text learning. In addition, it can also be implemented for exposition text learning materials on basic competencies 3.6 and 4.6. Keywords: interactive learning media Plotagon 3D animation, circuit learning, persuasion texts.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si. ; 2). Reni Oktaviani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 15864 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 03:30
Last Modified: 04 Nov 2022 01:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34651

Actions (login required)

View Item View Item