PENGEMBANGAN ENRICHED VIRTUAL CLASSROOM DENGAN MODEL PEDATI PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DAN PROPERTI DI SMKN 3 CIKARANG BARAT

RIZA NUR DWI LUTFIANA, . (2022) PENGEMBANGAN ENRICHED VIRTUAL CLASSROOM DENGAN MODEL PEDATI PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DAN PROPERTI DI SMKN 3 CIKARANG BARAT. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain pembelajaran enriched virtual classroom dengan model PEDATI pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti. Prosedur pengembangan menggunakan model ADDIE yang diintegrasikan dengan model PEDATI pada tahap penyusunan desain pembelajaran. Tahapan pengembangan dengan model ADDIE meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan analisis. Sedangkan model pembelajaran dengan model PEDATI meliputi merumuskan capaian pembelajaran, menentukan aktivitas pembelajaran serta merancang aktivitas pembelajaran. Uji kelayakan produk melalui penilaian ahli desain pembelajaran, ahli media dan ahli materi. Hasil uji kelayakan dari diperoleh persentasi sebesar 94,78% dari ahli desain pembelajaran, 95,7% dari ahli media dan sebesar 90,83% untuk materi pembelajaran. Produk lalu diuji cobakan kepada siswa kelas XI BKP dengan melakukan uji one to one dan kelompok kecil. Diperoleh hasil persentasi one to one diperoleh 92% untuk siswa pertama dan 94,7% untuk siswa kedua dan ketiga. Hasil uji efektivitas dianalisis menggunakan N-Gain dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan rancangan tersebut, yaitu sebesar 73 %. Kesimpulan penelitian bahwa pengemabangan pembelajaran EVC dengan model PEDATI pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti di SMKN 3 Cikarang Barat layak digunakan dan efektif. ******** ABSTRACT This study aims to develop an enriched virtual classroom learning design with the PEDATI model in the subject of Construction and Property Cost Estimation. The development procedure uses the ADDIE model which is integrated with the PEDATI model at the stage of preparing the learning design. The stages of development with the ADDIE model include analysis, design, development, implementation and analysis. While the learning model with the PEDATI model includes formulating learning outcomes, determining learning activities and designing learning activities. Product feasibility test through the assessment of learning design experts, media experts and material experts. The results of the feasibility test obtained a percentage of 94.78% from learning design experts, 95.7% from media experts and 90.83% for learning materials. The product was then tested on class XI BKP students by conducting a oneto-one test and in small groups. The results of the one to one percentage obtained were 92% for the first student and 94.7% for the second and third students. The results of the effectiveness test were analyzed using N-Gain and there was an increase in student learning outcomes after using the design, which was 73%. The conclusion of the study is that the development of EVC learning with the PEDATI model in the subject of Construction and Property Cost Estimation at SMKN 3 Cikarang Barat is feasible and effective. Keywords: ADDIE; PEDATI; Enriched Virtual Classroom; Estimated Construction and Property Cost

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd. ; 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 15795 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 05:51
Last Modified: 05 Sep 2022 05:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34712

Actions (login required)

View Item View Item