STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI (STUDI KASUS DI FORUM HALAQOH QUR'AN BINTARO JAYA)

HASTUTI RAHAYU, . (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI (STUDI KASUS DI FORUM HALAQOH QUR'AN BINTARO JAYA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pembelajaran Al-Qur’an yang dilakukan dalam pembelajaran daring dan mendeskripsikan motivasi belajar santri selama pembelajaran Al-Qur’an dilakukan secara daring. Mempelajari Al-Qur’an memiliki keutamaan yang besar bagi seorang muslim dan dalam kegiatan belajar Al-Qur’an tidaklah mudah harus memiliki keinginan dan motivasi yang kuat agar dapat konsisten menjalankannya. Semenjak pandemi Covid-19 terjadi pada tahun 2020, sistem pembelajaran berubah yang semula tatap muka menjadi daring. Hal tersebut merupakan sebuah kebiasaan baru dalam dunia pendidikan terutama pembelajaran Al-Qur’an. Oleh karana itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaiamana strategi pembelajaran Al-Qur’an selama pembelajaran daring dan motivasi santrinya dalam mempelajari Al-Qur’an. Penelitian merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang menjadi dasar penyususnan dalam dalam penelitian ini yaitu teori variabel strategi pembelajaran yang terbagi menjadi 3 : Strategi Pengorganisasian, Strategi penyampaian, Strategi Pengelolaan (Degeng). Juga teori motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Dari hasil penelitian dapat mendeskripsikan bagaimana salah satu bentuk penyusunan strategi yang baik. Sehingga dapat membuat pembelajaran Al-Qur’an daring berjalan secara efektif. Dengan melakukan perencanaan, persiapan, pemilihan media pembelajaran yang tepat, dan melakukan kegiatan evaluasi. Diketahui juga bahwa motivasi belajar Al-Qur’an santri selama pembelajaran daring baik intrinsik atau ekstrinsik masih cukup tinggi. Hal tersebut juga salah satu faktor keberhasilan dalam pembelajaran Al-Qur’an yang dilakukan secara daring. ***** This study aims to describe how the Al-Qur'an learning strategy is carried out in online learning and to describe the learning motivation of students while learning the Qur'an is done online. Studying the Qur'an has great virtue for a Muslim and in learning the Qur'an it is not easy to have a strong desire and motivation to be able to consistently run it Since the Covid-19 pandemic occurred in 2020, the learning system has changed from face to face to online. This is a new habit in the world of education, especially learning the Qur'an. Therefore, researchers are interested in examining how the strategy of learning the Qur'an during online learning and the motivation of students in learning the Qur'an. This research is a type of qualitative descriptive research with a case study research approach. In collecting data in this study was done by interview, observation, and documentation. The theory that forms the basis for the arrangement in this research is the theory of learning strategy variables which are divided into 3: Organizing Strategy, Delivery Strategy, and Management Strategy (Degeng). Also the theory of intrinsic and extrinsic motivation. From the research results can describe how one form of good strategy preparation. So that it can make online learning of the Qur'an run effectively. By planning, preparing, selecting the right learning media, and conducting evaluation activities. It is also known that the motivation to learn the Qur'an of students during online learning, either intrinsic or extrinsic, is still quite high. This is also one of the success factors in learning the Qur'an which is done online.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Firdaus Wajdi, S,Th.I., MA., PhD. 2). Dr. Amaliyah, S.Ag., MA.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 15887 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 02:57
Last Modified: 07 Sep 2022 02:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34733

Actions (login required)

View Item View Item