PEMBELAJARAN PEMBUATAN SULAMAN SMOCK PADA PRODUK CLUTCH BAG DI SMK NEGERI 33 JAKARTA

SOFIA AMELIA, . (2022) PEMBELAJARAN PEMBUATAN SULAMAN SMOCK PADA PRODUK CLUTCH BAG DI SMK NEGERI 33 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) membekali kepada peserta didiknya dengan kompetensi keahlian sesuai standar yaitu keterampilan pribadi maupun keterampilan untuk di dunia industri. Keberhasilan dalam mecapai pembelajaran yang efektif pada mata pelajaran pembuatan hiasan busana dipengaruhi oleh penerapan strategi, metode, media, dan sumber belajar yang tepat. Pada setiap materi pembelajaran hanya dilaksanakan dalam waktu yang terbatas yaitu hanya 2 kali pertemuan. Maka dari itu perlu diterapkan strategi pembelajaran yang efisien dan efektif dalam 2 kali pertemuan untuk menyampaikan materi pembuatan sulaman smock di SMKN 33 Jakarta. Pembelajaran pada materi pembuatan sulaman smock pada produk clutch bag, pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan saintifik dimana peserta didik dilatih untuk berfikir kritis dan ilmiah. Selanjutnya strategi pembelajaran materi ini menggunkakan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dengan jenis proyek sederhana. Metode pembelajaran yang sesuai dengan materi ini yaitu metode demonstrasi, diskusi, eksperimen, tanya jawab, dan pemberian tugas yang menghasilkan sebuah produk. Media pembelajaran yang digunakan media slide presentasi (PPT) yang berisi gambar-gambar dan materi sulaman smock. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal dalam materi pembuatan sulaman smock pada suatu produk. ***** Vocational High School (SMK) provide their student with competency skills according to standards, namely personal skills and skills for the industrial world. Success in achieving effective learning in the subject of fashion decoration is influenced by the application of appropriate strategies, methods, media, and learning resources. Each learning material is only carried out in a limited time, which is only 2 meetings.Therefore, it is necessary to apply an efficient and effective learning strategy in 2 meetings to deliver the material for making smock embroidery at SMKN 33 Jakarta. Learning on the material for making smock embroidery on clutch bag products, the approach used is a scientific approach where students are trained to think critically and scientifically. Furthermore, this material learning strategy uses project based learning model with a simple project type. Learning methods that are in accordance with this material are demonstrational methods, discussions, experiments, questions and answers, and assignments that produce a product.The learning media used were presentation slide (PPT) which contained pictures and smock embroidery materials. Thus, it is expected that students can achieve learning objectives optimally in the material for making smock embroidery on a product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Harsuyanti R.L, M.Hum. ;
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 15766 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 06:24
Last Modified: 05 Sep 2022 06:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34754

Actions (login required)

View Item View Item