PEMBELAJARAN KETERAMPILAN VOKASIONAL SOUVENIR UNTUK PESERTA DIDIK TUNANETRA (PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DI SLB A PEMBINA TINGKAT NASIONAL, LEBAK BULUS JAKARTA)

ADISTIA SHOLEHA, . (2022) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN VOKASIONAL SOUVENIR UNTUK PESERTA DIDIK TUNANETRA (PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DI SLB A PEMBINA TINGKAT NASIONAL, LEBAK BULUS JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (156kB)
[img] Text
lLAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui informasi dan gambaran yang lebih mendalam terkait Pembelajaran Keterampilan Vokasional Souvenir Untuk Peserta Didik Tunanetra di SLB A Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan guru pembelajaran keterampilan vokasional souvenir membuat perencanaan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013. Namun, menggunakan KI dan KD yang untuk peserta didik tunarungu dan dimodifikasi. Pelaksanaan pembalajaran menggunakan strategi pembelajaran inkuiri, pendekatan pembelajaran saintifik dan metode pembelajaran berupa percakapan, demonstrasi, tanya jawab, diskusi, dan unjuk kerja (praktikum). Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan tes dan non-tes dengan penilaian berupa sikap, pengetahuan dan keterampilan. Reward yang diberikan berupa kata-kata pujian untuk membangun motivasi peserta didik. Faktor pendukung pembelajaran yaitu sarana dan prasarana yang lengkap serta alat dan bahan yang tersedia. Sedangkan, Faktor penghambat yaitu latar belakang yang bukan guru keterampilan, kemampuan peserta didik yang berbeda dan kerjasama dengan orang tua yang belum optimal. ***** This study aims to find out in-depth information and descriptions regarding Souvenir Vocational Skills Learning for Visual Impaired Students at SLB A Pembina Tingkat Nasional, Lebak Bulus Jakarta. The research method used is descriptive qualitative, with data collection in the form of interviews, observations and documentation. The results showed that the souvenir vocational skills learning teachers made lesson plans using the 2013 curriculum. However, they used KI and KD for Deaf students and were modified. The implementation of learning uses inquiry learning strategies, scientific learning approaches and learning methods in the form of conversations, demonstrations, questions and answers, discussions, and performances (practicum). Evaluation of learning is carried out by tests and non-tests with assessments in the form of attitudes, knowledge and skills. The rewards given are in the form of words of praise to build student motivation. Supporting factors for learning are complete facilities and infrastructure as well as available tools and materials. Meanwhile, the inhibiting factors are backgrounds that are not skill teachers, different abilities of students and cooperation with parents that are not optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indina Tarjiah, M.Pd ; 2). Marja, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 15102 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 05:34
Last Modified: 06 Sep 2022 05:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34762

Actions (login required)

View Item View Item