HUBUNGAN ANTARA PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENATA PRODUK PADA SISWA KELAS XII JURUSAN PEMASARAN DI SMKN 50 JAKARTA TIMUR

IDA BAGUS PUTU INDRIASRAMA, . (2010) HUBUNGAN ANTARA PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENATA PRODUK PADA SISWA KELAS XII JURUSAN PEMASARAN DI SMKN 50 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I-3 EDIT.pdf

Download (833kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris yang valid, dan dapat dipercaya (reliable) tentang apakah hubungan antara Hubungan Antara Pengelolaan Kelas Dengan Hasil Belajar Mata pelajaran Menata Produk. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 50 Jakarta selama lima bulan terhitung sejak Agustus 2010 sampai dengan Desember 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan pemasaran SMK Negeri 50 Jakarta. Yang berjumlah 76 siswa,berdasarkan sampel dari tabel populasi, diambil sampel sebanyak 62 orang dengan sampling error 5 %.Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan kuesioner model skala likert untuk Pengelolaan kelas ( Variabel X ) dan nilai raport semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 untuk Hasil Belajar Menata produk ( Variabel Y). Sebelum instrumen ini digunakan dilakukan uji validitas untuk kedua variabel. Untuk variabel X, dari 34 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 6 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 28 butir pernyataan. Perhitunan reliabilitas variabe Xl itu menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas varibel X sebesar 0,880. Hasil ini membuktikan bahwa instrumen tersebut reliable. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan L hitung = 0.718, sedangkan L tabel untuk n = 62 pada taraf signifikan 0, 05 adalah 0.1125. Karena L hitung < L tabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 58.01 + 0.22X . Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel , yaitu 9.59 > 4.00, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Uji linearitas regresi menghasilkan F hitung < F tabel yaitu 1.18 < 1.82, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regreasi tersebut linier. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0.371 , selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan t hitung = 4.508 dan t tabel = 1.67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0.371 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 14 % yang menunjukkan bahwa 14 % variasi hasil belajar menata produk ditentukan oleh pengelolaan kelas. Hasil perhitungan menyimpulkan terdapat hubungan yang positif antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar menata produk pada siswa kelas XII Jurusan Pemasaran SMK Negeri 50 Jakarta Timur. ***** This study aims to obtain empirical data valid, and trustworthy (reliable) about whether the relationship between the Relationship Between Classroom Management Learning Results subjects Organizing Products. This research was done in SMK Negeri 50 Jakarta for five months from August 2010 until December 2010.. The research method used is survey method with the correlation approach.. The sampling technique used is simple random technique.. The population in this study were students majoring in marketing class XII SMK Negeri 50 Jakarta. Which numbered 76 students, based on samples from the population tables, the sample was taken 62 people with a sampling error of 5%. To gather data from both variables used Likert scale questionnaire model for management class (variable X) and the odd semester report cards for the 2010/2011 academic year Learning Outcomes Reforming the product (variable Y). Before this instrument is used to test the validity for both variables.. For variable X, from 34 point statement after statement validated that there are 6 point drop, while that meet the criteria or a valid statement consists of 28 items. The result of the X variable reliability of 0.880. These results prove that the instrument is reliable. . Test requirements for analysis of the estimated regression error normality test Y on X with the test liliefors produce L count = 0718, while the L table for n = 62 at the significant level of 0, 05 is 0.1125. Because the count L <L table then the error estimate of Y on X have normal distribution.. The resulting regression equation is Y = 58.01 + 0.22X. From the regression significance test produces F count> F table, namely 9:59> 4:00, which means the regression equation is significant.. Testing linearity of regression to produce F count <F table is 1:18 <1.82, which concluded that the linear equation regreasi. The correlation coefficient of Pearson Product Moment produce r xy = 0371. Then the correlation coefficient significance test was done using t test and the resulting t count = 4508 and t table = 1.67. It can be concluded that the correlation coefficient r xy = 0371 is significant. The coefficient of determination obtained by 14%, which showed that 14% variation of learning outcomes set of products is determined by the management class. The calculation result concludes there is a positive relationship between the management class with the learning outcomes set of products in class XII student of SMK Negeri 50 Jakarta, East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurahma Hajat, M. Si ; 2). Dra. Rochyati
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 06:33
Last Modified: 07 Sep 2022 06:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34806

Actions (login required)

View Item View Item