HUBUNGAN ANTARA KESULITAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK ISLAM PB SOEDIRMAN 2 JAKARTA

PUSPA ASTRI AFRIYANTI, . (2010) HUBUNGAN ANTARA KESULITAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK ISLAM PB SOEDIRMAN 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI PUSPA ASTRI A_compressed.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan Antara Kesulitan Belajar Siswa dengan Hasil Belajar pada mata pelajaran Akuntansi di SMK Islam PB Soedirman Jakarta kelas XI. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan terhitung mulai bulan April sampai dengan bulan Juni 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik acak sederhana. Untuk menjaring data variabel X (Kesulitan Belajar) dan variabel Y (Hasil Belajar Akuntansi), digunakan instrumen berbentuk skala Likert, setelah itu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil reliabilitas variabel X (Kesulitan Belajar) sebesar 0,910. Teknik analisis data menggunakan persamaan regresi linier sederhana dan dari hasil penelitian di dapat hasil Ŷ = 60,54+0,143X. Untuk uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors di dapat Lhitung < Ltabel (0,103 < 0,116). Hal itu berarti data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat hasil Fhitung < Ftabel (0,86 < 2,00) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian regresi didapat Fhitung > Ftabel (6,97 > 4,02) yang menandakan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rhitung = 0,336, hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara kesulitan belajar dengan hasil belajar akuntansi. Dari perhitungan uji-t didapat thitung > ttabel (2,67 > 1,68) yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kesulitan belajar dengan hasil belajar akuntansi. Dan dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 0,1129 atau 11,29% yang menunjukkan besarnya kontribusi kesulitan belajar dengan hasil belajar akuntansi. ***** The purpose of this research is to get a valid and reliable data or fact, to know the correlation between learning difficulty of student by accounting learning result in SMK Islam PB Soedirman Jakarta grade XI. This research has been done for 3 months since april until june 2010. The research method used survey method by correlation approach, while the data are got from instrument to employee at SMK Islam PB Soedirman 2 Jakarta. The technique in this research is simple random. To collect X variable data (Learning Difficulty of Student) and Y variable data (Accounting Learning Result) are used Likert Scale Instrument. After that, for X variable and Y variable have validity test and reliability test. Reliability X variable (Learning Difficulty of Students) is 0,910. The data analysis technique was started by finding the equation of the simple linear regression and resulted Ŷ =60,54+0,143X. The analysis conditional test with liliefors test which result Lcount < Ltable (0,103 < 0,116). It showed that the data is normally distributed. For linearity regression test the result is Fcount < Ftable (0,86 < 2,00). So, it indicated that the data is linear. While for the regression significant, the result is Fcount > Ftable (6,97 > 4,02). It indicated that the data is significant. The result of coefficient correlation test of product moment by Pearson is rxy = 0,336, it means there is a positive correlation between learning difficulty with accounting learning result. the calculation of t-test showed tcount > ttable (2,67 > 1,68). It shows that the correlation between learning difficulty with accounting learning result is significant. While the calculation of determinacy coefficient shows that 0,1129. It means, only 11,29% that is contribute in learning difficulty with accounting learning result

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Chadidjah, SP Kaluku ; 2). Dr. Mardi, M. Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 06:51
Last Modified: 07 Sep 2022 06:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34812

Actions (login required)

View Item View Item