PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

ADIA MARITZA ADHA, . (2022) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Selama masa pandemi Covid-19, seluruh pembelajaran di sekolah diarahkan untuk dilakukan di rumah. Seluruh aspek dalam bidang pendidikan membutuhkan adaptasi pada kebijakan ini dan yang paling terdampak dari kebijakan ini ialah siswa. Hasil belajar siswa pada SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan mengalami penurunan dilihat dari nilai PAS siswa TA 2021/2022 di semester ganjil, yaitu terdapat 80 persen siswa yang memiliki nilai PAS masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Salah satu cara mengatasinya adalah siswa harus menerapkan strategi self regulated learning dan self efficacy selama proses pembelajaran daring. Selain itu, siswa juga perlu beradaptasi dengan teknologi yang dapat diukur dengan kemampuan literasi digital siswa dalam penggunaan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara self regulated learning dan literasi digital terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa dengan self efficacy sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI tahun ajaran 2021/2022 di SMAN 4 Tangerang Selatan dan SMAN 8 Tangerang Selatan yang berjumlah 305 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 174 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program IBM SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self regulated learning dan literasi digital terhadap hasil belajar ekonomi melalui self efficacy sebagai variabel intervening. During the Covid-19 pandemic, all activities of learning in school are directed to be carried out at home. All aspects of education require adaptation to this policy and the most affected of this policy are students. Students learning outcomes at SMA Negeri 8 Tangerang Selatan have decreased, seen from the PAS (Penilaian Akhir Semester) scores of students for the 2021/2022 academic year in the odd semester. It was found that 80 percent of students who had PAS scores were still below the minimum completeness criteria (KKM). One way to overcome this, the students must apply self regulated learning and self efficacy strategies during the online learning process. In addition, students also need to adapt to technology which can be measured by student’s digital literacy skills in using technology. This study aims to determine the effect of self regulated learning and digital literacy on students economic learning outcomes with self efficacy as intervening variable. The population of this study is class XI students in the 2021/2022 academic year at SMAN 4 Tangerang Selatan and SMAN 8 Tangerang Selatan with a total of 305 students. Sampling was obtained using the slovin formula with a total sample of this study are 174 students. Data collection techniques using questionnaires and data analysis techniques using path analysis with the help of the IBM SPSS 25.0 program. The results showed that there was a positive and significant influence between self regulated learning and digital literacy on students economic learning outcomes with self efficacy as an intervening variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ari Saptono, SE., M.Pd 2). Siti Fatimah Zahra, S.E.I., M.E
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 15806 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 01:46
Last Modified: 06 Sep 2022 01:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34822

Actions (login required)

View Item View Item