PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

RIZKA AMELIA PUTRI, . (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
07 Daftar Pustaka.pdf

Download (251kB)
[img] Text
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK RIZKA AMELIA PUTRI. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2022. Bimbingan oleh NURMASARI SARTONO dan RATNA KOMALA. Pembelajaran yang masih cenderung berpusat pada guru serta kurang inovatif diantaranya yaitu tidak ada penggunakan model dan media yang menarik yang dapat memicu keaktifan siswa. Hal tersebut berdampak kepada pencapaian hasil belajar yang kurang optimal. Salah satu upaya yang dapat diterapkan dalam mengoptimalkan hasil belajar siswa diantaranya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif TSTS dengan media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 98 Jakarta pada semester pertama tahun ajaran 2020/2021 pada bulan Agustus-September 2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan desain penelitian post-test only control group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa dengan masing-masing kelas berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes hasil belajar kognitif. Teknik analisis data yang digunakan uji-t independent (2-tailed) dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil uji-t menunjukan nilai signikansi sebesar (0.000 < α= 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA pada materi keanekaragaman hayati. Kata Kunci: hasil belajar, media gambar, two stay two stray (tsts). ABSTRACT RIZKA AMELIA PUTRI. The Effect of Applying of Two Stay Two Stray (TSTS) Tipe Cooperative Learning Model with Picture Media on Biology Learning Outcomes of High School Students in Biodiversity System Material. Thesis Undergraduated. Jakarta: Biology Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, University State of Jakarta, 2022. Supervised by NURMASARI SARTONO and RATNA KOMALA. Learning that still tends to be teacher-centered and less innovative which is not using interesting learning model and media that can trigger student activity. That kind of condition make the learning outcomes are less than optimal. One effort that can be applied for improving students learning outcomes is using the TSTS cooperative learning model with picture media. This study was purposing to determine the effect of applying TSTS cooperative learning model with picture media on biology learning outcomes of high school students in biodiversity subject material. This research was conducted at SMA Negeri 98 Jakarta in the first semester of the 2020/2021 academic year in Agustus-September 2020. This type of research is quantitative with quasi-experimental research method and posttest only control group design research design. The sample in this study amounted to 66 students with each class totaling 33 students. The instrument that used in this study was learning outcome cognitive test instrument. The data analysis technique used was t-test independent (2-tailed) with the prerequisite test, namely normality test and homogeneity test with significant level α = 0,05. The result of the t-test showed that a significance value of (0.000 < α= 0,05). Based on these results, it can be concluded that there is a significant effect of applying of Two Stay Two Stray (TSTS) tipe cooperative learning model with picture media on biology learning outcomes of high school students on biodiversity material. Keywords: learning outcomes, picture media, two stay two stray (tsts).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Nurmasari Sartono, M.Biomed. 2) Dr. Ratna Komala, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 16002 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 06:19
Last Modified: 05 Sep 2022 06:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34825

Actions (login required)

View Item View Item