PENGARUH PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

AGUNG NUR FAJAR, . (2022) PENGARUH PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 .COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (517kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari dengan tiga variabel yaitu, Praktik Keterampilan Mengajar, Efikasi Diri dan Minat menjadi guru. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh Praktik Keterampilan Mengajar dan Efikasi Diri terhadap minat menjadi guru. Pengambilan sampel dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta angkatan 2018 yang telah mengambil matakuliah Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) pada semester 115 dengan jumlah 35 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan pendekatan survei berupa kuisioner yang dibagikan melalui aplikasi WhatsApp. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan beberapa pengujian berupa; uji validitas, uji realibilitas, uji regresi dan uji korelasi disesuaikan dengan tujuan awal penelitian untuk mengetahui pengaruh tiap-tiap variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil analisis pada penelitian membuktikan bahwa Praktik Keterampilan secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru dengan nilai sigifikansi sebesar 0,001 serta nilai kontribusi sebesar 18,4%, kemudian efikasi diri secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 serta nilai kontribusi sebesar 28,4% , selanjutnya pengaruh yang positif dan signifikan pada Praktik Keterampilan Mengajar dan Efikasi diri secara simultan terhadap minat menjadi guru dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 dan nilai kontribusi sebesar 34,7%. Artinya semakin baik mahasiswa pada saat melakukan Praktik Keterampilan Mengajar dan semakin tiggi nilai efikasi diri mahasiswa setelah melakukan Praktik Keterampilan Mengajar maka akan semakin meningkat pula minat menjadi guru mahasiswa. ***** This research is based on three variables, namely, Teaching Skills Practice, Self-Efficacy and Interest in becoming a teacher. The purpose of this study was to determine the effect of Teaching Skills Practice and Self-Efficacy on interest in becoming a teacher. Sampling was carried out on 2018 State University Building Engineering Education students who had taken Teaching Skills Practice (PKM) courses in semester 115 with a total of 35 students. Sampling used a survey approach in the form of questionnaires distributed through the WhatsApp application. The data obtained were analyzed using several tests in the form of; validity test, reliability test, regression test and correlation test adjusted to the initial purpose of the study to determine the effect of each independent variable on the dependent variable. The results of the analysis in the study prove that Skills Practice partially has a positive and significant effect on interest in becoming a teacher with a significant value of 0.001 and a contribution value of 18.4%, then self-efficacy partially has a positive and significant influence on interest in becoming a teacher with a significant value of 0.001 and a contribution value of 28.4%, then a positive and significant influence on the Practice of Teaching Skills and Self-Efficacy simultaneously on interest in becoming a teacher with a significance value of 0.001 and a contribution value of 34.7%. This means that the better the students at the time of practicing Teaching Skills and the higher the student's selfefficacy value after doing the Practice of Teaching Skills, the interest in becoming a student teacher will also increase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). R. Eka Murtinugraha, M.Pd. ; 2). Dra Rosmawita Saleh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 16072 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 00:38
Last Modified: 02 Nov 2022 02:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34870

Actions (login required)

View Item View Item