PENGARUH SOSIAL MEDIA DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ANI RAHMAWATI, . (2022) PENGARUH SOSIAL MEDIA DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (686kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (594kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menguji apakah sosial media memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. 2) Untuk menguji apakah sosial media memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. 3) Untuk menguji apakah motivasi berwirausaha memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 200 responden menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria mahasiswa aktif Universitas Negeri Jakarta angkatan 2018-2021 dan memiliki dan aktif menggunakan sosial media. Data penelitian dikumpulkan dengan penyebaran kuisioner melalui Google Form. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif melalui metode pengujian SEM (Structural Equation Modeling) dengan software AMOS (Analysis Of Moment Structure). Hasil uji validitas pada penelitian ini menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA) dengan nilai factor loading > 0,40. Hasil uji reliabilitas pada penelitian ini dengan nilai Cronbach’s alpha > 0,7. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini dengan nilai t hitung (CR) > 1,96 dan niali p < 0,05. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sosial media terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa Universitas Negeri Jakarta dengan nilai t hitung (CR) yaitu 4,984 > 1,96 (t tabel) dan nilai p yaitu (***) < 0,05. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sosial media terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Negeri Jakarta dengan nilai t hitung (CR) yaitu 5,403 > 1,96 (t tabel) dan nilai p yaitu (***) < 0,05. 3) Tidak terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara motivasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Negeri Jakarta dengan nilai t hitung (CR) yaitu 1,410 < 1,96 (t tabel) dan nilai p yaitu 0,159 > 0,05. *** The aims of this study are: 1) To see if social media has a positive and significant influence on the entrepreneurial motivation of Jakarta State University students. 2) To see if social media has a positive and significant influence on the entrepreneurial interest of Jakarta State University students. 3) To see if entrepreneurial motivation has a positive and significant effect on the entrepreneurial interest of Jakarta State University students. The population in this study were students of the State University of Jakarta. The number of samples used was 200 respondents using a purposive sampling technique with the criteria of active students at the Jakarta State University 2018-2021 class and having and actively using social media. Research data was collected by distributing questionnaires through Google Form. The research method used is a quantitative method through the SEM (Structural Equation Modeling) testing method with AMOS (Analysis Of Moment Structure) software. The results of the validity test in this study used Exploratory Factor Analysis (EFA) with a factor loading value of > 0.40. The results of the reliability test in this study with Cronbach's alpha value > 0.7. The results of hypothesis testing in this study with a value of t count (CR) > 1.96 and p value < 0.05. So the results of the study indicate that: 1) There is a positive and significant influence between social media on the entrepreneurial motivation of Jakarta State University students with a t-count (CR) value of 4.984 > 1.96 (t table) and a p-value of (***) < 0.05. 2) There is a positive and significant influence between social media on the entrepreneurial interest of Jakarta State University students with a t count (CR) value of 5.403 > 1.96 (t table) and a p value of (***) < 0.05. 3) There is no positive and insignificant effect between motivation and interest in entrepreneurship of Jakarta State University students with a t-count (CR) value of 1.410 < 1.96 (t table) and a p value of 0.159 > 0.05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Corry Yohana, MM ; 2). Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 16069 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 05:48
Last Modified: 08 Sep 2022 05:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34894

Actions (login required)

View Item View Item