FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIF SOSIAL-EKONOMI MELALUI KEPUTUSAN BERZAKAT MENGGUNAKAN LAYANAN DIGITAL (STUDI KASUS LAZ AL-AZHAR).

ARIFAH KHAIRRANI, . (2022) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIF SOSIAL-EKONOMI MELALUI KEPUTUSAN BERZAKAT MENGGUNAKAN LAYANAN DIGITAL (STUDI KASUS LAZ AL-AZHAR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (892kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang yang berarah kepada persoalan yang terdapat terlihat dimana adanya kesenjangan ekonomi maupun sosial. Sebagai negara dengan mayoritas populasinya Muslim, terdapat potensi besar instrumen keuangan islami untuk kesejahteraan umat, salah satunya adalah zakat sebagai instrumen pemerataan pendapatan yang dapat menjadi jawaban dari permasalahan yang terlihat jelas. Hal ini menunjukkan belum berfungsinya zakat sebagai instrument pemerataan. Oleh karena itu penelitiani ini memiliki tujuan untuki mengetahui bagaimana pengaruh dari religiusitas, kepercayaani serta kemudahan penggunaan kepada keputusan muzakki untuk berzakat melalui layanan digital, khususnya generasi millenial. Dalam melakukan penelitian ini peneliti melakukan jenis penelitian kualitatif serta melalui ipendekatan Analytical Network Process (ANP) yang peneliti gunakan agar dapat menemukan priority faktor dari keputusan muzakki millenial dalam berzakat menggunakan digital platform. Sumberidata pada penelitiani ini diperoleh melalui berbagaii tahapan yaitu dengan melakukan wawancara mendalam pada para muzakki sebagai bahan diskusi dengan para ahli dan praktisi, wawancara mendalam (Indepth Interview) bersama praktisi serta pakarnya, hingga yang terakhir membuat suatu jaringan yang dibantu oleh software super decision dan langkah terakhir ialah menentukan prioritas. Pada akhirnya penelitian ini menemukan hasil religiusitasi tidak memiliki pengaruh pada keputusan muzakki berzakat melalui layanan digital, sedangkan kepercayaan dan kemudahan penggunaan berpengaruh dan ditemukan faktor lain, yaitu literasi zakat yang menunjukan berpengaruh terhadap keputusan muzakki berzakat secara digital. Dengan faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan muzakki berzakat secara digital ialah faktor kemudahan penggunaan. *** This research has a background that leads to a problem that is clearly visible where there are economic and social disparities. As th largest Muslim population’s country, Islamic financial instruments in Indonesia will be a great potential for the welfare of the people, one of which is zakat. Zakat can be an instrument of income distribution, this is can be the answer to obvious problems. This shows that zakat is not yet functioning as an instrument of equity. Therefore, this study aims to determine the effect of religiosity, trust and ease of use on people's decisions to pay zakat through digital platforms, especially the millennial generation. This research using a qualitative methods with the Analytical Network Process (ANP) approach, the aim of ANP is used to find priority factors that are the decisions of millennial muzakki in paying zakat using a digital platform. The data sources in this study were obtained from various stages, namely by conducting in-depth interviews with muzakki as discussion material with experts and practitioners, in-depth interviews with academic experts and practitioners, until the last one formed an ANP network using super decision software. and ends by setting priorities. In the end, this study’s result shown that religiosity does not affect the decision of muzakki to pay zakat through digital services, while trust and ease of use have an effect and another factor is found, namely zakat literacy which shows results that zakat literacy have an influence on the decision of muzakki to pay zakat digitally. With most influential factor’s on the decision of muzakki to pay zakat digitally is ease of use factor

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, SE., M.SE. ; 2). Dicky Iranto, SE, M.SE.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 15725 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 02:13
Last Modified: 09 Sep 2022 02:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34912

Actions (login required)

View Item View Item