HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SMK NEGERI 14 JAKARTA PUSAT

INDAH WAHYUNI, . (2010) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SMK NEGERI 14 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Indah Wahyuni-8135062677.pdf

Download (902kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang empiris dan fakta yang sahih, valid serta dapat dipercaya tentang apakah terdapat hubungan antara lingkungan sosial dengan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 14 Jakarta Pusat, selama 4 bulan terhitung dari bulan Febuari sampai bulan Mei 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 14 Jakarta Pusat, dan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI Penjualan sebanyak 90 orang. Sampel yang diambil sebanyak 72 orang, dengan menggunakan metode acak sederhana. Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan kuesioner model skala likert untuk Lingkungan Sosial (Variabel X) dan Motivasi Belajar (variabel Y). Sebelum instrumen ini digunakan, dilakukan uji validitas. Untuk variabel X, dari 30 butir pertanyaan setelah divalidasi, terdapat 3 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 27 butir pernyataan. Untuk variabel Y, dari 30 butir pernyataan setelah divalidasi, terdapat 1 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari dari 29 butir pernyataan. Perhitungan reliabilitas kedua variabel tersebut menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,906 dan hasil reliabilitas variabel Y sebesar 0,868. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji lillifors menghasilkan Lhitung = 0,0918 , sedangkan Ltabel untuk n = 72 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,10422, karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ =59,94+0.48X. Dari uji keberatian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 25,91 > 3.98, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel, yaitu 1,07 < 1,75 sehingga disimpulkan bahwa persamaan tersebut linier. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rXY = 0,520 selanjutnya dilakukan uji keberartian korelasi dengan menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung = 5,091 and ttabel =1,67 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk=70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rXY = 0,520 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 27,02%, yang menunjukkan bahwa 27,02% variasi motivasi belajar ditentukan oleh lingkungan sosial. ***** The aim of this research is to obtain empirical data, valid and reliable fact concerning wheter or not there is correlation between Social Environment and Student Motivation Learning. This research conducted SMK Negeri 14 Central Jakarta. During four months counted from February up to May 2010. The research used survey method with approach of correlation. The population were student in SMK Negeri 14 Central Jakarta. And the reached of population were 12th grades bussnies management amount 90 peoples. From the reaches population amount reached the taken as sample amount 72 peoples with use sample that is simple random sampling. To get data from two variables, researcher using likert scale model for Social Environment (X) and Student Motivation Learning (Y). For variable X, from 30 statements which had validated, 27 statement were valid and 3 statements were drop. For variable Y, from 30 statements which had validated, 29 statements were validated and 1 statement were drop. The calculation reliability of both variable were using alpha cronbach method and variable X reliability is 0,906 and variable Y is 0,868, this proof that the instrument were valid and reliable. Analysis of condition test, which is normality error test for regression approximates of X on Y with lillifors test, results in Lcount = 0,0918 , and Ltabel for n = 72 which level significant of 0,05 is 0,10422, because Lhitung < Ltabel then normality error test is normal distribution. The equation for linear regression is Ŷ =59,94+0.48X.Significance regression result in Fcount > Ftabel, is 25,91 > 3,98, it’s mean that the regression equation is significant. And linearity regression test yield, in Fcount < Ftabel, is 1,07 < 1.75 that can be interpreted that the regression equation is linear. Result of hypotesis test which pearson’s product moment show’s that rXY = 0.520, then significance of product moment correlation test whith t-test which yields tcount = 5.091 and ttabel =1.67 at significance level of 0,05 and dk=70, it can be result that product moment correlation rXY = 0.520 is significanct. Coefficient of determined obtain equal to 27.02%, its mean that 27.02% variation of student motivation learning determined by social environment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Corry Yohana, M. M ; 2). Dra. Umi Mardiyati, M. Si
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 06:15
Last Modified: 07 Sep 2022 06:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34914

Actions (login required)

View Item View Item