PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 48 JAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19

ELI RAHAYU SETYANINGSIH, . (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 48 JAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemandirian belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 48 Jakarta pada Masa Pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X AKL dengan jumlah keseluruhan 72 siswa. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dengan menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom dan kelas kontrol sebanyak 36 siswa dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh p value sebesar 0,020 dengan signifikansi sebesar 0,05. Dengan demikian, p value < ttabel (0,020 < 0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh signifikan dalam model pembelajaran Flipped Classroom dengan berbantuan video pembelajaran terhadap kemandirian belajar siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar kelas X Akuntansi di SMK Negeri 48 Jakarta. This study aims to determine the effect of Flipped Classroom learning models on self-regulated learning student class of X Accounting at SMK Negeri 48 Jakarta during the Covid-19 pandemic. The method used in this study is an experimental method. The population in this study was class X Accounting with a total number of 72 students. The sample consisted of an experimental class of 36 students using the Flipped Classroom learning model and a control class of 36 students using an expository learning model. The results of the study showed that a p value of 0.020 was obtained with a significance of 0.05. Thus, the p value of < ttabel (0.020 < 0.05) so that Ho was rejected and Ha was accepted which means that there is a significant influence in the Flipped Classroom learning model with the help of learning videos on self-regulated learning student in basic accounting subject class of X Accounting at SMK Negeri 48 Jakarta during the Covid-19 Pandemic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mardi, M.Si 2). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 16014 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 03:25
Last Modified: 06 Sep 2022 03:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34978

Actions (login required)

View Item View Item