EFEKTIVITAS MANGO (MANGA NIHONGO) TERHADAP PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN TATA BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 110 JAKARTA

SITI FEBRIANTI SUNDAWI, . (2022) EFEKTIVITAS MANGO (MANGA NIHONGO) TERHADAP PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN TATA BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 110 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti efektivitas penggunaan Mango (Manga Nihongo) terhadap hasil pembelajaran tata bahasa Jepang. Latar belakang penelitian adalah kesulitan yang dihadapi oleh siswa untuk memahami struktur kalimat dan perubahan kata kerja dalam bahasa Jepang. Selain itu, siswa juga mulai jenuh dan bosan dengan tidak adanya media baru yang digunakan di dalam kelas, terutama pada berlangsungnya pembelajaran jarak jauh atau secara daring. Hal ini memicu peneliti untuk membuat sebuah media pembelajaran baru yang dapat mengatasi permasalahan itu. Penelitian ini menggunakan metode dan desain penelitian pre-experimental one group pretest and posttest yang terdiri dari satu kelas sebagai sample penelitian yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Sample pada penelitian ini adalah kelas XII-Bahasa SMA Negeri 110 Jakarta dengan siswa berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan rumus uji paired sample t-test, didapatkan hasil bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dengan hasil thitung sebesar 12,30 pada taraf siginifikasi sebesar 5% dengan ttabel sebesar 2,04. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima karena nilai Sig. (2-tailed) ≤ 5% dan thitung > ttabel. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan media Mango (Manga Nihongo) terhadap pembelajaran tata bahasa Jepang pada siswa kelas XII-Bahasa di SMA Negeri 110 Jakarta dinilai cukup efektif. Hal tersebut didukung dengan respon siswa yang positif terhadap kehadiran media Mango (Manga Nihongo), karena media ini memberikan siswa pengalaman belajar yang baru di tengah pembelajaran jarak jauh dengan media yang kurang variatif, sehingga dapat memotivasi siswa dan menstimulasi semangat siswa dalam belajar dan membuat hasil belajar siswa meningkat. Seluruh perangkat yang terdapat dalam penelitian ini, baik materi maupun soal latihan yang terdapat pada Mango (Manga Nihongo) telah disesuaikan dengan kurikulum 2013 revisi. This study aims to explain the effectiveness of digital comic website usage toward Japanese grammar learning results improvement. The background of this research is the difficulty in understanding tenses and verb changes that students faced. Furthermore, students get bored without renewed media utilized within the class, especially when attending online learning. This fact is the bottom line reason for the researcher to invent new learning media to unravel that concern. This research employs a pre-experimental one-group pretest and post-test method and design that consists of one class as a research sample chosen with a purposive sampling technique. The sample for this research is XII-Language class State High School 110 Jakarta, with a total of 32 students. The instruments that are used in this research are tests and questionnaires. Based on data processing’s result with paired sample t-test formula becomes a result that Sig (2-tailed) score 0,000 with tcount result 12,30 on 5% significance standard with 2,04 ttable.. This proves the null hypothesis is rejected and the alternative hypothesis accepted because of Sig (2-tailed) score ≤ 5% and tcount > ttable. Based on the research result, digital comic website usage toward Japanese grammar learning results in improvement rated as effective adequately. It is supported by students’ positive response against digital comic website presence as their new online learning experience, which motivates students and stimulates their passion for learning and enhancing learning outcomes. All instruments in this study, such as topics and exercise within Mango (Manga Nihongo), has been adjusted to the curriculum of 2013 revision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nur Saadah Fitri Asih, M.Pd. 2). Dr. Nia Setiawati, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 15713 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 05:57
Last Modified: 05 Oct 2022 05:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34984

Actions (login required)

View Item View Item