PERBEDAAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PAJAK ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DI SMK NEGERI 8 JAKARTA

FIANTRI, . (2010) PERBEDAAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PAJAK ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DI SMK NEGERI 8 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover Ind.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (55kB)
[img] Text
ASBTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar di SMKN 8 Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan Di SMKN 8 yang beralamat di Jalan Raya Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12510 dan waktu penelitian dilakukan selama 3 bulan terhitung sejak bulan Februari sampai April 2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post facto dan data yang digunakan adalah data sekunder. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMKN 8 Jakarta Selatan yang berjumlah 1007 siswa. Populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XII Jurusan Akuntansi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Untuk mencari data variabel X (bimbingan belajar) digunakan data sekunder berupa interview melalui guru bidang studi akuntansi pajak kelas XII jurusan akuntansi tentang siswa yang mengikuti bimbingan belajar di dalam sekolah. Untuk data variabel Y (hasil belajar) digunakan data sekunder berupa rata-rata nilai ulangan harian mata pelajaran akuntansi pajak semeter ganjil. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan hasil yang dapat dibuktikan yaitu dengan perhitungan X1 diperoleh Lo = 0,1004 dan Lt = 0,1566, ini menunjukan bahwa Lo < Lt (0,1004<0,1566). Pada perhitungan X2 diperoleh Lo = 0,1024, dan Lt = 0,1228. Ini berarti Lo < Lt (0,1024<0,1228). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semua data berdistribusi normal. Uji Homogenitas mendapatkan hasil pengujian taraf signifikan 95% (α=0,05) diperoleh Fhitung = 1,10. Sedangkan Ftabel = 1,69. Dengan demikian Fhitung < Ftabel (1,10 < 1,69). Ini menunjukan bahwa Ho diterima dan dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok Homogen. Pengujian hipotesis dengan nilai t yang diperoleh dari perhitungan sebesar 4,28 yang berada di luar daerah penerimaan (antara -2,00 dan 2,00) maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis penelitian diterima. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar sehingga dapat ditafsirkan bahwa siswa yang mengikuti bimbingan belajar lebih baik. ***** The purpose of this research is to get information about how difference of achievement between student’s who joined learning guidance with student’s did not joined the attainable population in this research are in State Vocational School 8 Jakarta. This research is done in State Vocational School 8 Jakarta at Jl. Raya Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12510 and has been done for three months since February until April 2010. A survey method with a ex post facto and the data used are secondary data. Population of this research all State Vocational School 8 Jakarta of 1007 students. The attainable population in this research are class XII students learning Accounting. The sampling technique was simple random sampling. Selectivity data for the variables X (learning guidance) used secondary data such as interview of teacher thruough field study tax accounting majors class XII Accounting of the students who follow the learning guidance in the study in school. Data for variables Y (achievement) used secondary data such as average test results of subjects accounting first semester. The requirements analysis performed with results that can be proven with the results of the calculation of X1 is Lo = 0,1004 and Lt = 0,1566, It showed that Lo < Lt (0,1004<0,1566). In the calculation of X2 obtained Lo = 0,1024 and Lt = 0,1228. It showed that Lo < Lt (0,1024<0,1228). It showed that the data had been normally distributed. Test homogeneity get test results on the extent significant 95% (α=0,05) obtained Fhitung = 1,10. Where as for Ftable = 1,69. It showed that Fcalculation < Ftable (1,10 < 1,69).This indicated that Ho can be accepted and that the two homogeneity groups. The hypothesis test with t value of obtained from the calculation is 4,28. Which is located outside the reception area (between -2,00 and 2,00) it can be concluded that hypothesis zero rejected and accepted hypothesis research. So, the conclusion of this research, the average achievement of student’s who learning accounting with follow the learning guidance is higher than the average achievement of student’s who learning of accounting with not follow the learning guidance that can be explain with following the learning guidance students can be more affective.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M. Si, ; 2). Santi Susanti, S. Pd, M. AK,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:08
Last Modified: 08 Sep 2022 02:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35073

Actions (login required)

View Item View Item