PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MENGENAL RAMBU LALU LINTAS (ARALANTAS) UNTUK PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL

ASLAMAL KHUSNAH, . (2022) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MENGENAL RAMBU LALU LINTAS (ARALANTAS) UNTUK PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (746kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk video animasi yang bernama “Aralantas (Animasi Mengenal Rambu Lalu Lintas)” pada mata pelajaran pengembangan diri (menghindari diri dari bahaya lalu lintas di jalan raya) khususnya dalam mengenal rambu lalu lintas bagi peserta didik hambatan intelektual kelas VI di SLB-C Sinar Kasih. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Evaluasi untuk mengetahui kelayakan media dilakukan oleh 3 orang ahli yaitu ahli media, ahli materi, ahli peserta didik hambatan intelektual serta uji coba lapangan yang melibatkan 3 orang peserta didik hambatan intelektual kelas VI. Media Aralantas mendapat nilai rata-rata secara keseluruhan sebesar 89,17% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan menunjukan bahwa media Aralantas mampu membuat peserta didik menunjukkan ketertarikan terhadap pembelajaran mengenal rambu lalu lintas menggunakan media Aralantas dan termotivasi dengan menunjukan keaktifannya dalam bertanya dan menjawab pertanyaan yang ada pada media Aralantas. Oleh sebab itu, diharapkan guru dapat menggunakan media Aralantas dalam pembelajaran. ***** This research aims to develop an animation video learning media, called “Aralantas (Animasi Mengenal Rambu Lalu Lintas)” on self-development lessons (avoid the dangers of traffic) especially in recognizing traffic signs for students with intellectual disabilities in 6th grade in SLB-C Sinar Kasih. The evaluation was conducted through 3 expert review including a media expert, a material expert. The final product were tried to 3 students with intellectual disabilities from 6th grade. Aralantas media get overall average score 89,17% in the very good category. The field test was conducted by a researcher as a teacher in learning to recognize traffic signs using Aralantas media. Field test result revealed that Aralantas media can make the students show interest and curiosity in learning to recognize traffic signs using Aralantas and are motivated by showing their activeness in asking and answering questions on Aralntas media. Therefore, it is hoped that teachers can use Aralantas media in learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Irah Kasirah, M.Pd. ; 2). Suprihatin, M.Ed., Ed.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 15518 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:48
Last Modified: 06 Oct 2022 03:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35074

Actions (login required)

View Item View Item