PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN METODE CERAMAH DENGAN PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PROSEDUR ADMINISTRASI

CINDI NATALIA, . (2008) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN METODE CERAMAH DENGAN PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PROSEDUR ADMINISTRASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5. Kata Pengantar cindi.pdf

Download (41kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB III skripsi cindi.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
data bab 2 lg.pdf

Download (243kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI CINDI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 25, Jakarta Selatan pada bulan April – Mei 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data atau fakta yang tepat (sahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (reliable) mengenai perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan metode ceramah dengan penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran Prosedur Administrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan data yang digunakan adalah data primer hasil belajar siswa kelas 1 AP SMK Negeri 25 Jakarta Selatan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SMK Negeri 25 Jakarta Selatan dengan jumlah seluruhnya 240 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 AP 1 dan siswa kelas 1 AP 2. Kelompok sampel yang diberi metode ceramah yaitu kelas I AP 2 (kelas kontrol) berjumlah 31 siswa dan kelompok sampel yang diberi metode diskusi yaitu kelas 1 AP 1 (kelas eksperimen) berjumlah 31 siswa. sehingga total jumlah sampel adalah 62 siswa. Dalam uji normalitas dengan rumus Liliefors, nilai hasil belajar siswa 1 AP 2 dengan metode ceramah berdistribusi normal dimana Lhitung sebesar 0,1129 < Ltabel 0,1582. Begitu pula nilai hasil belajar siswa 1 AP 1 berdistribusi normal dimana Lhitung sebesar 0,1152 < Ltabel 0,1582. Langkah selanjutnya ialah uji homogenitas dengan rumus F diperoleh bahwa kedua sampel tersebut bersifat homogen dengan α = 0,05 dimana Fhitung sebesar 1,09 sedangkan Ftabel sebesar 1,84 dengan derajat kebebasan pembilang (dk = n1 – 1) ialah sebesar 31 – 1 = 30 dan dengan derajat kebebasan penyebut (dk = n2 – 1) ialah 31 – 1 = 30. Tahap selanjutnya adalah pengujian hipotesis dengan Uji Anova diperoleh hasil Fhitung sebesar 20,33, sedangkan Ftabel 4,00 dimana nilai tersebut terletak di luar daerah penerimaan Ho. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan hipotesis penelitian diterima. Kemudian dilakukan pula perhitungan dengan Uji Tukey dimana diperoleh Qhitung (6,4) lebih besar dari Qtabel (2,83) sehingga Ho ditolak dan hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan metode ceramah dengan penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran Prosedur Administrasi dimana hasil belajar siswa yang menggunakan metode diskusi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah. ***** This research conducted in SMK Negeri 25, South Jakarta starting from April until May 2008.this research aimed to get valid and reliable data or fact about the difference of student's achievement between the usage of lecturing method and discussion method in Administrational Procedure teaching. The method that used in this research was the Quasi Experiment method with quantitative approach, with primary data from students' of SMK Negeri 25 South Jakarta documents. The population of this research was all student of first grade in AP class at SMK Negeri 25 South Jakarta with total 240 students. The technique that used was purposive sampling so that the sample that used in this research was students of grade 1 AP 1 class and grade 1 AP 2 class. The sample group of lecturing method was grade 1 AP 2 class (as the control class) with total 31 students. And the sample group of discussion method was grade 1 AP 1 class (as the experimental class) with total 31 students. As the summary, total sample that involve was 62 students. In normality test with Liliefors, the value of students' grade 1 AP 2 achievement using lecturing method normally distribute where Lcount was 0,1129 < Ltable 0,1582. So as the students' grade 1 AP 1 achievement normally distribute, where Lcount 0,1152 < Ltable 0,1582. Next step was homogeneity test with F formula, obtained that both of the sample was homogeny with α = 0,05 where Fcount 1,09 and Ftable 1,84 with degree of free numerator (dk = n1-1) was 31-1 = 30 and with degree of free denomination (dk = n2-1) was 31-1 = 30. Next step was hypothetical test using Anova, obtained that the result of Fcount was 20,33, while Ftable 4,00 where the value placed outside H0 receptive area. So can be concluded that H0 was rejected and hypothesis of the research was accepted. Then, the Tukey test also counted where obtained that Qcount (6,4) bigger than Qtable (2,83) so H0 was rejected and the research hypothesis was accepted. Based on the research above, can be concluded that there are difference on students' achievement between the usage of lecturing method with discussion method in Administrational Procedure teaching where students' achievement that using discussion method is higher than those who used lecturing method

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Henry Eryanto, MM ; 2). Ari Saptono, SE, M. Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:35
Last Modified: 08 Sep 2022 02:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35126

Actions (login required)

View Item View Item