PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGHIAS LIMBAH KALENG DENGAN KAIN FLANEL MENGGUNAKAN TEKNIK 3M PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN DI KELAS IV SD AS-SA’ADAH JAKARTA TIMUR

TITIN RACHMIATI, . (2014) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGHIAS LIMBAH KALENG DENGAN KAIN FLANEL MENGGUNAKAN TEKNIK 3M PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN DI KELAS IV SD AS-SA’ADAH JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 3.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Abstrak v-vi.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR ISI vii.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Cover i.pdf

Download (293kB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Penerapan pendekatan pembelajaran yang tepat dan sesuai, sangat membantu keberhasilan siswa dalam belajar. Pembelajaran yang berkualitas juga ditentukan oleh media dan sumber pembelajaran yang menunjang khususnya dalam mata pelajaran Keterampilan. Menghias limbah kaleng dengan kain flanel menggunakan teknik 3M. Alasan menggunakan limbah kaleng, karena kaleng bekas merupakan limbah anorganik yang dapat diolah kembali menjadi produk yang ramah lingkungan (Eco Design). Produk ramah lingkungan diciptakan untuk membantu kelestarian lingkungan. Materi menghias kaleng bekas adalah materi pembelajaran yang mampu mengembangkan berbagai kemampuan dasar yang dimiliki siswa seperti siswa mampu mengembangkan kemampuan imajinasi dalam berkarya, siswa mampu mengasah kreativitas dan keterampilan, serta mengajarkan siswa untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan CTL terhadap hasil belajar menghias limbah kaleng dengan kain flanel menggunakan teknik 3M di kelas IV Sd As-Sa’adah Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan di SD As-Sa’adah Jakarta Timur. Subjek penelitian yaitu kelas IV SD As-Sa’adah yang berjumlah 25 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 24 siswa menurut tabel Fernandez. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2013/2014. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design yaitu desain penelitan yang membandingkan hasil pretest menghias kaleng bekas sebelum perlakuan dengan posttest menghias kaleng bekas setelah mendapatkan perlakuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pendekatan CTL, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar menghias limbah kaleng dengan kain flanel menggunakan teknik 3M Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga macam, yaitu instrumen perlakuan, instrumen pengumpulan data, dan instrumen penilaian. Instrumen perlakuan berupa desain perlakuan, silabus, RPP, dan skenario pembelajaran pendekatan kontekstual (CTL). Instrumen pengumpulan data yaitu berupa soal tes menghias kaleng bekas dengan perlakuan eksplorasi ide/gagasan, melapisi kaleng dengan kertas dan teknik 3M, Instrumen penilaian diambil dari tabel spesifikasi modifikasi konsep Brent G.Wilson. Adapun aspek yang dinilai adalah aspek kreativitas dan aspek keterampilan. Hasil penilaian diperoleh dari tiga penilai dengan rambu-rambu penilaian yang sama. vi Untuk menguji reabilitas digunakan rumus Product Moment Pearson. Berdasarkan perhitungan statistik (rxy) pada korelasi nilai rata-rata pada uji instrument dari dua penilai diperoleh indeks reliabilitas 0,95. Menurut tabel interpretasi r Guilford hasil tersebut (0,70 – 0,90) berada dalam kategori tinggi, maka diketahui bahwa instrumen tersebut reliabel. Hipotesis dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: µ X <µY yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh pendekatan CTL terhadap hasil belajar menghias limbah kaleng dengan kain flanel menggunakan teknik 3M dalam mata pelajaran Keterampilan di kelas IV Sd As-Sa’adah Jakarta Timur. Untuk menganalisis hasil eksperimen yang menggunakan pretest dan posttest one group design, digunakan rumus uji t. Pengujian ini menggunakan taraf signifikasi 0,05. Melalui analisis diperoleh nilai rata-rata pretest 72,43 sedangkan nilai rata-rata posttest adalah 79,26 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai test pada pengujian tersebut lebih tinggi dari nilai tabel, masing-masing nilai test berdasarkan uji t sebesar 13,74 dan nilai tabel t sebesar 2,064. Berarti dengan demikian hipotesis µ X <µY menunjukan adanya pengaruh dari pendekatan CTL terhadap hasil belajar menghias limbah kaleng dengan kain flanel menggunakan teknik 3M dalam mata pelajaran Keterampilan di kelas IV Sd As-Sa’adah Jakarta Timur ********** Learning approach is an important part of the learning process. Application of appropriate learning approach and appropriate, so the success of students in learning. Quality learning is also determined by the media and learning resources that support, especially in subjects Skills. Decorate waste cans with flannel using 3M techniques. Reasons for using waste cans, because the former is an inorganic waste cans that can be recycled into eco-friendly products (Eco Design). Environmentally friendly products are created to help the environment. Tin cans decorate material is material that is able to develop a variety of basic abilities of the students as the students are able to develop the ability of imagination in the work, the students are able to hone the creativity and skill, as well as teach students to be more concerned about the environment. The purpose of this study is to know whether there is influence CTL approach to the learning outcomes of waste cans decorate with flannel using 3M techniques in class IV Sd As-Sa'adah East Jakarta. This research was conducted in SD As-Sa'adah East Jakarta. The research subject is fourth grade As-Sa'adah which amounts to 25 students with a total sample of 24 students according to Fernandez table. This research was carried out in the 2nd half of the school year 2013/2014. The study design used is the OneGroup Pretest-Posttest Design research design that compares the results of the pretest before the treatment decorate tin cans with tin cans decorate posttest after getting treatment. The independent variable in this study is the CTL approach, while the dependent variable is the result of learning to decorate with flannel waste cans using techniques 3M The research instrument used in this study are of three kinds, namely the treatment of instruments, data collection instruments, and assessment instruments. Treatment a treatment instrument design, syllabus, lesson plans, and a contextual approach to learning scenarios (CTL). Data collection instruments in the form of test questions with treatment decorate tin cans exploring the idea / ideas, coat the tins with paper and 3M techniques, assessment instruments taken from the table specification modification concept G.Wilson Brent. The aspects that are aspects of creativity and skill aspects. Assessment results obtained from the three assessors with signs similar assessments. To test the reliability of the formula used Pearson Product Moment. Based on statistical calculations (rxy) at an average correlation value of the test instrument from two assessors obtained reliability index of 0.95. According to the viii interpretation of r Guilford table the results (from 0.70 to 0.90) were in the high category, it is known that the instrument is reliable. This hypothesis can be formulated as follows: μ X <μY which shows that there are significant CTL approach to the learning outcomes of waste cans decorate with flannel using 3M technique in skill subjects in class IV Sd AsSa'adah East Jakarta. To analyze the results of experiments using a one-group pretest and posttest design, use the formula t test. These tests use a significance level of 0.05. Obtained through analysis of the average pretest score 72.43 whereas the average posttest score was 79.26 These results indicate that the test scores on these tests is higher than the value of the table, each test based on the t test value of 13.74 and table t value at 2.064. Thus hypothesized mean μ X <μY shows the influence of the CTL approach to the learning outcomes of waste cans decorate with flannel using 3M technique in skill subjects in class IV Sd As-Sa'adah East Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Ataswarin Oetopo, M.Pd.
Subjects: Kesenian > Seni Rupa, Fotografi
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:29
Last Modified: 07 Sep 2022 03:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35132

Actions (login required)

View Item View Item