PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN TATA RIAS PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI SLB NEGERI 01 JAKARTA (STUDI DESKRIPTIF TINGKAT SMALB)

YAYAH SHOFARIYYAH, . (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN TATA RIAS PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI SLB NEGERI 01 JAKARTA (STUDI DESKRIPTIF TINGKAT SMALB). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan tata rias pada peserta didik tunarungu di SLB Negeri 01 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumentasi dengan analisis data Miles dan Huberman dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada perencanaan pembelajaran guru membuat program tahunan, semester, silabus, dan RPP serta kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik. pada pelaksanaan pembelajaran metode yang digunakan guru adalah MMR, ceramah, demonstrasi, dan praktik. materi yang diajarkan berupa merias wajah fantasy dengan tema flora. Evaluasi yang dilakukan yaitu tes tertulis dan tes unjuk kerja (praktik). faktor pendukung dalam pembelajaran keterampilan tata rias yaitu peserta didik memiliki kemauan yang tinggi, guru yang berkompeten dalam bidang tata rias, serta sarana dan prasarana yang memadai. Implikasi dari pelaksanaan pembelajaran keterampilan tata rias ini adalah mampu mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik dalam hal bertata rias dan dapat menjadi bekal kemandirian bagi peserta didik tunarungu. ***** This research aims to describe the learning of make up skills for deaf students at SLBN 01 Jakarta. This reseach uses a qualitative approach with descriptive methods. The qualitative data collection used in this research were interview and documentation. with data analysis by Miles and Huberman with three routes, namely data reduction, data presentation, and conclusions. This research showed that in vocational learning skill of make up, the teacher make a annual program, semester program, sylabus dan lesson plan (RPP). The learning method that used is the MMR, Demonstrasi, and practice. The learning material included make up fantasy with theme flora. Evaluations used by teacher which is throgh written test and performance test (action test). the competence of teachers who teach already proffesional in teaching make up skills. the existing facilities and infrastructure in scholls are adequate. The implication of this reseach is that vocational learning skills of make up can be one of provivion independence for deaf student.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indra Jaya, M.Pd. ; 2). Suprihatin, M.Ed, Ed.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 15554 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 05:30
Last Modified: 07 Sep 2022 05:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35187

Actions (login required)

View Item View Item