ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER BAHASA JERMAN KELAS XII TAHUN AJARAN 2012/2013 SEMESTER 1

TABITA INDAH APRIANA SIREGAR, . (2013) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER BAHASA JERMAN KELAS XII TAHUN AJARAN 2012/2013 SEMESTER 1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV & V.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (288kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK, ZUSAMMENFASSUNG, DLL.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal ujian akhir semester bahasa Jerman kelas XII tahun ajaran 2012/2013 semester 1. Masalah pada penelitian ini dibatasi pada tingkat validitas, tingkat reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda serta fungsi pengecoh yang terdapat pada soal ujian akhir semester (UAS) bahasa Jerman kelas XII tahun ajaran 2012/2013 semester 1. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan lembar soal dan lembar jawaban ujian akhir semester bahasa Jerman kelas XII tahun ajaran 2012/2013 semester 1 sebagai sampel dengan responden sebanyak 304 siswa. Instrumen yang digunakan adalah butir soal ujian akhir semester bahasa Jerman kelas XII tahun ajaran 2012/2013 semester 1. Sementara itu digunakan juga metode kualitatif untuk menganalisis validitas isi soal UAS. Setelah dilakukan analisis didapat hasil sebagai berikut: Dari analisis validitas butir diketahui bahwa soal UAS 11 butir (23,40%) termasuk dalam validitas cukup, 25 butir (53,20%) termasuk dalam validitas rendah, und 11 butir (23,40%) termasuk dalam validitas sangat rendah. Dari hasil analisis validitas isi diketahui bahwa 17 butir (34%) dinyatakan valid dan 30 butir (60%) dinyatakan tidak valid tidak memiliki validitas isi dan 3 butir (6%) didrop karena tidak ada jawaban yang dalam options. Dari hasil analisis reliabilitas diketahui bahwa soal ujian reliabel dengan kategori tinggi. Dari hasil analisis tingkat kesukaran diketahui 5 butir (10,64%) termasuk soal yang sulit, 15 butir (31,94%) termasuk soal yang sedang, dan 27 butir (57,44%) termasuk soal yang sukar. Dari hasil analisis daya pembeda diketahui bahwa 15 butir (31,91%) termasuk dalam daya pembeda baik, 13 butir (27,64%) termasuk dalam daya pembeda cukup, 18 butir (38,30%) termasuk dalam daya pembeda jelek, und 1 butir (2,13%) termasuk dalam daya pembeda negatif. Dari hasil analisis fungsi pengecoh diketahui bahwa 11 butir (23,40%) memiliki fungsi pengecoh, dan 36 butir (76,60%) tidak memiliki fungsi pengecoh. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pada ujian akhir semester bahasa Jerman kelas XII tahun ajaran 2012/2013 semester 1 di SMA Negeri 54 Jakarta, 23,40% soal dinyatakan memiliki validitas cukup, 34% soal dinyatakan valid dari segi isi, tingkat reliabilitas soal dinyatakan reliabel dengan kategori tinggi, 31,94% soal dinyatakan memiliki tingkat kesukaran sedang, 27,64% soal dinyatakan memiliki daya pembeda cukup dan 23,40% soal dinyatakan memiliki efektifitas pengecoh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Erna Triswantini, M.Pd. ; 2). Dra. Indira Kusumadewi, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 05:52
Last Modified: 07 Sep 2022 05:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35191

Actions (login required)

View Item View Item