INTERNALISASI NILAI AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOPAN SANTUN ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 79

SAFIRA, . (2022) INTERNALISASI NILAI AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOPAN SANTUN ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 79. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy

Abstract

Lembaga pendidikan TK aisyiyah 79 yang telah berhasil dalam mendapatkan kepercayaan masyarakat terhadap pembentukan karakter anak. Berbagai program TK Aisyiyah lembaga pendidikan sangat mendukung pembentukan karakter anak dengan menginternalisasikan nilai-nilai Islam secara mendalam. Misalnya anak- anak dikenalkan dengan hari raya Islam dan sekaligus merayakannya dengan acara selametan yang juga melibatkan peran orang tua. Selain itu mereka juga dibiasakan untuk sholat di setiap kegiatan yang dilakukan. Seperti doa saat pembelajaran akan dimulai disertai doa dan doa saat akan masuk dan keluar kelas. Pihak sekolah juga menjalin kerjasama dengan orang tua untuk menginternalisasi agama nilai sejak dini agar anak terbiasa dan tertanam kuat sampai suatu saat dan kapanpun. Nilai- nilai agama yang baik berkaitan dengan keimanan, akhlak dan ibadah. Dari beberapa uraian di atas, ini Kajian ini membahas tentang bagaimana menginternalisasikan nilai-nilai agama Islam dalam membentuk karakter sopan santun anak usia dini di TK Aisyiyah 79 dengan kesimpulan. Dari beberapa uraian di atas dapat disimpulkan bahwa internalisasi nilai-nilai Islam terbentuk karakter anak usia dini TK Aisyiyah 79 bisa dilakukan dengan berbagai strategi atau metode yang dilakukan oleh guru termasuk strategi dengan keteladanan, kebiasaan, nasihat bijak, dengan memberikan perhatian dan hukuman. Lima strategi yang dilakukan agar siswa memiliki karakter yang berkualitas dalam hal ibadah, perilaku dan sosialisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah penginternalisasian Nilai Agama dalam Membentuk karakter Sopan Santun di TK Aisyiyah 79 Petamburan V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan mengguanakan pendekatan studi kasus yaitu pendeskripsian mengenai Internalisasi Nilai Agama dalam Membentuk karakter Sopan Santun anak usia dini di TK Aisyiyah 79 Petamburan V ***** TK aisyiyah 79 educational institution which has succeeded in gaining public trust in the formation of children's character. Various programs of Kindergarten Aisyiyah educational institutions strongly support the formation of children's character by internalizing Islamic values in depth. For example, children are introduced to Islamic holidays and at the same time celebrate it with a celebration event that also involves the role of parents. In addition, they are also accustomed to praying in every activity carried out. Such as prayer when learning will begin accompanied by prayer and prayer when entering and leaving class. The school also collaborates with parents to internalize religious values from an early age so that children get used to it and are firmly entrenched until one day and at any time. Good religious values are related to faith, morals and worship. From some of the descriptions above, this study discusses how to internalize Islamic religious values in shaping the character of early childhood manners in Kindergarten Aisyiyah 79 with conclusions. From some of the descriptions above, it can be concluded that the internalization of Islamic values to form the character of early childhood in Kindergarten Aisyiyah 79 can be done with various strategies or methods carried out by teachers including strategies with exemplary, habits, wise advice, by giving attention and punishment. Five strategies are carried out so that students have quality characters in terms of worship, behavior and socialization. This study aims to describe how the internalization of religious values in shaping the character of politeness in TK Aisyiyah 79 Petamburan V. This type of research is descriptive qualitative research using a case study approach, namely a description of the internalization of religious values in shaping the character of early childhood politeness in TK Aisyiyah 79 Petamburan V

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Izzatul Mardhiah, S.Ag, MA 2). Dr. Amaliyah, S.Ag, MA
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 16142 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2022 00:32
Last Modified: 20 Sep 2022 00:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35227

Actions (login required)

View Item View Item